Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024

Home / Tanah Bumbu

Selasa, 27 Juli 2021 - 13:41 WIB

Dinsos Tanbu Implementasikan Standar Pelayanan Minimal Rehabilitasi Sosial

BATULICIN – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu mengedepankan tugas dan fungsinya terutama dalam hal standar pelayanan minimal yang berkaitan dengan rehabilitasi sosial.

Kabid Rehabilitasi Sosial Tanah Bumbu, Dedy Bodin kepada Kru RSB pada Senin, 26 Juli 2021 mengatakan, rehabilitasi sosial merupakan upaya yang ditujukan untuk mengitegrasikan kembali seseorang ke dalam kehidupan masyarakat dengan cara membantu menyesuaikan diri dengan keluarga, masyarakat dan pekerjaan.

Dedy menjelaskan, rehabilitasi sosial mempunyai beberapa fungsi, diantaranya untuk :
1. Pelaksanaan kebijakan teknis penyelenggaraan rehabilitasi sosial
bagi balita, anak dan lanjut usia terlantar, serta rehabilitasi sosial bagi anak nakal, korban napza, penyandang cacat dan tuna sosial.
2. Penyusunan pedoman penyelenggaraan rehabilitasi sosial bagi balita, anak dan lanjut usia terlantar, serta rehabilitasi sosial bagi anak nakal, korban napza, penyandang cacat dan tuna sosial.
3. Pemberian bimbingan teknis penyelenggaraan rehabilitasi sosial bagi balita, anak dan lanjut usia terlantar, serta rehabilitasi sosial bagi anak nakal, korban napza, penyandang cacat dan tuna sosial.
4. Pelaksanaan koordinasi teknis penyelenggaraan rehabilitasi sosial bagi balita, anak dan lanjut usia terlantar, serta rehabilitasi sosial bagi anak nakal, korban napza, penyandang cacat dan tuna sosial.
5. Pengawasan penyelenggaraan rehabilitasi sosial bagi anak nakal, korban napza, penyandang cacat dan tuna sosial

Selanjutnya, standar pelayanan minimal dalam rehabilitasi sosial terdapat tiga model yang diberikan kepada klien, yaitu sebagai berikut:
1. Institutional Based Rehabilitation (IBR), yaitu suatu sistem pelayanan rehabilitasi sosial dengan menempatkan penyandang masalah dalam suatu institusi tertentu.
2. Extra-institusional Based Rehabilitation, suatu sistem pelayanan dengan menempatkan penyandang masalah pada keluarga dan masyarakat.
3. Community Based Rehabilitation (CBR), suatu model tindakan yang dilakukan pada tingkatan masyarakat dengan membangkitkan kesadaran masyarakat dengan menggunakan sumber daya dan potensi yang dimilikinya.

Adapun bentuk fasilitas yang disalurkan oleh Dinas Sosial kepada penerima dengan kriteria tersebut berupa sandang dan pangan yang meliputi sembako, selimut, obat-obatan, pakaian layak pakai dan sebagainya dilakukan per-triwulan dalam setahun.

Dia berharap, hal itu demi terwujudnya tujuan rehabilitasi sosial, diantaranya untuk memulihkan kembali rasa harga diri seseorang, percaya diri, kesadaran serta tanggung jawab terhadap masa depan diri, keluarga maupun masyarakat atau lingkungan sosialnya.

Selain itu, tujuan rehabilitasi sosial adalah untuk memulihkan kembali kemauan dan kemampuan untuk dapat melaksanakan fungsi sosial seseorang secara wajar.(Ros/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Lanjutkan Perekaman e-KTP di Kusan Tengah

Tanah Bumbu

Kerjasama BLK dengan PT BIB Gelar Pelatihan Menjahit
Dishub

Dishub

Antisipasi Kemacetan di Pantai Pagatan, Dishub Pastikan Arus Lalu Lintas Lancar

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Lantik Eselon II, Hendra Wardani Kepala BPKAD Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Di Hadapan Bupati, Camat Karang Bintang Paparkan Sektor Pembangunan Prioritas Wilayahnya

Tanah Bumbu

Hari Pertama Idul Fitri 1445 H, Bupati Tanah Bumbu Open House di Istana Anak Yatim 

Tanah Bumbu

Sebanyak 60 Alumni Pelatihan Angkatan Tahun 2022 Terima Sertifikasi Kompetensi dari BLK Tanah Bumbu
Bupati

Organisasi

Abah Zairullah Hadiri Pertemuan Bupati dan Walikota se-Indonesia di Balikpapan

You cannot copy content of this page