DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Dinsos / Tanah Bumbu

Selasa, 15 Februari 2022 - 09:30 WIB

Dinsos Upayakan Realisasi Program Usaha Ekonomi Produktif

BATULICIN, RSB – Sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan perekonomian keluarga, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tanah Bumbu berusaha merealisasikan program usaha ekonomi produktif.

Usaha Ekonomi Produktif merupakan program yang berikan kepada warga tidak mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan memiliki minat usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarganya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Tanah Bumbu, Basuni melalui Kasi Pemberdayaan, Kiss Rayamanansyah mengatakan, salah satu contoh bantuan yang telah diberikan kepada salah satu masyarakat Tanah Bumbu yakni usaha peternakan ikan lele, dimana keluarga tersebut diberikan bantuan berupa modal usaha sebesar Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah.

Baca juga Dinsos Akan Monitoring Masyarakat Penerima Bantuan Modal Usaha

Lebih lanjut dijelaskan, jika masyarakat yang belum terdaftar di DTKS tetapi termasuk masyarakat tidak mampu dan memiliki minat usaha, maka dapat mendaftarkan diri melalui usulan desa yang nantinya desa akan mengusulkan kepada Dinas Sosial melalui perantara pemerintah kecamatan.

Untuk mendapatkan bantuan dari program tersebut, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, diantaranya pengajuan proposal disertai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pihak desa dan rekomendasi desa kepada pihak kecamatan. 

Baca juga Dinsos Tanbu Lakukan Pemeliharaan TMP Mattone

Selain itu, pada umumnya Dinas Sosial akan menyalurkan bantuan ketika penerima manfaat tidak mendapatkan bantuan jenis lainnya, sehingga masyarakat yang terdaftar di DTKS dapat menerima bantuan secara merata dengan berbagai jenis bantuan dari pemerintah. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Apresiasi Kodim 1022/Tnb Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana

Tanah Bumbu

Pengajian Hari Sabtu di Kantor Bupati Dimulai 1 Oktober 2023

Tanah Bumbu

Bunda PAUD Tanah Bumbu Terima Penghargaan dari Kemendikbudristek
rakornas

Dinas PolPP dan Damkar

Pemkab Tanbu Hadiri Rakornas Sekaligus Peringatan HUT ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas

Tanah Bumbu

Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu 2024, Abah Zairullah : Kita Mengundang Habib Luthfi

Informasi

Bupati Zairullah Kukuhkan Ketua Sekaligus Pengurus Dekranasda Tanbu

Tanah Bumbu

Warga Korban Kebakaran di Desa Mangkalapi Terima Bantuan dari Pemkab Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Kepala Cabang Sucofindo Batulicin Eko Supriana Ingatkan Wajib Sertifikasi Halal pada 17 Oktober 2024

You cannot copy content of this page