Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM PT Borneo Indobara Gelar Sosialisasi Penggunaan Briket Batubara Duta Digital Fase III Kolaborasi dengan Diskominfo SP Tanah Bumbu

Home / Disdukpencapil / Tanah Bumbu

Senin, 20 Desember 2021 - 09:17 WIB

Disdukpencapil Tanbu Sampaikan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019

BATULICIN, RSB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 104 Tahun 2019 terkait keperluan legalisir.

Plt. Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi kepada Kru RSB beberapa hari kemarin memaparkan isi dari Permendagri nomor 104 tahun 2019, disebutkan bahwa dokumen kependudukan yang sudah ditandatangani secara elektronik, tidak lagi memerlukan legalisir.

Sehingga dokumen yang dikeluarkan dari Disdukpencapil yang telah menggunakan tanda tangan elektronik maka tidak perlu lagi meminta legalisir ketika dibutuhkan untuk hal tertentu karena telah memiliki keabsahan yang tinggi.

Namun, terkait legalisir tersebut masih terdapat lembaga yang belum mengerti fungsi tanda tangan elektronik, sehingga tetap meminta legalisir. Jika dokumen tersebut masih menggunakan tanda tangan manual maka tetap perlu dilakukan legalisir.

Dikatakan Gento, strategi agar tanda tangan elektronik dapat digunakan sesuai fungsinya secara kelesuruhan oleh lembaga tertentu dalam hal kebutuhan legalisir maka dilakukan sosialisasi.

Seperti pada sebelumnya telah dilakukan sosialisasi melalui media Radio Swara Bersujud (RSB).

Selain itu juga dijelaskannya, upaya sosialisasi dilakukan pada lembaga POLRI atau TNI ketika melakukan penerimaan anggota POLRI atau TNI yang baru, dimana akan meminta legalisir. Maka kesempatan itu dimanfaatkan Disdukpencapil untuk memberikan sosialisasi terkait Permendagri nomor 104 tahun 2019. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Sekda

Pemkab Tanbu Dukung Kegiatan ASPEKPIR untuk Peremajaan Sawit Rakyat
damkar

Dinas PolPP dan Damkar

Tanggap Tangani Kebakaran, Damkar Tanbu Siagakan 6 Posko Respon Time
Sekda

DLH

Cegah Abrasi, 2.000 Pohon Mangrove Ditanam di Pesisir Pantai Sungai Dua Laut

Informasi

Pembangunan Bendungan Kusan 90 Persen Disetujui Pemerintah Pusat

Dinas PolPP dan Damkar

Tidak Tepati Janji, Lapak Pedagang Dibongkar Satpol PP

Satpol PP dan Damkar

Satpol PP Tanah Bumbu Rutin Patroli Malam Jumat Sebagai Upaya Menuju Serambi Madinah

Tanah Bumbu

esmi Dilantik, Camat Kusan Tengah Siap Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Tanah Bumbu

Safari Ramadhan 1444 H Berakhir, Ansyari Firdaus : Abah Zairullah Pemimpin yang Merakyat

You cannot copy content of this page