Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / Disdukpencapil

Selasa, 7 Juni 2022 - 11:28 WIB

Disdukpencapil Tanbu Tegaskan Penganut Agama Kaharingan Tidak Bisa Terdeteksi Dalam Administrasi Kependudukan Agama

"Negara tidak bisa menambahkan Agama Kaharingan, karena hanya enam agama yang disahkan oleh negara, yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu." - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu, Gento Hariadi

BATULICIN, RSB – Dari sejumlah agama lokal yang berada di berbagai sudut wilayah Indonesia, salah satunya terdapat Agama Kaharingan. Disayangkan, Penganut Kaharingan tak terlepas dari diskriminasi karena penganutnya kerap sulit mengurus hal-hal identitas baik itu administrasi penduduk.

Terkait hal ini, Kru RSB berkesempatan mengagendakan wawancara ke dinas yang berperan sebagai leading sektornya, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil). Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariadi pada Senin (6/6/2022) mengatakan, orang dengan kepercayaan Kaharingan itu tidak bisa diakomodir di sistem siaga agamanya.

Baca juga Disdukpencapil Tanbu Nilai Kesadaran Masyarakat Kurang Terkait Laporan Kematian

Dia juga mengatakan, bahwa negara tidak bisa menambahkan Agama Kaharingan, karena hanya  enam agama yang disahkan oleh negara, yakni Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Lebih lanjut Gento menjelaskan, problem penganut Agama Kaharingan sulit mengurus administrasi penduduk karena agamanya tidak sah.

Karena ketidakefektifan administrasi dan juga agama yang tidak sah di negara, sehingga Gento menyebutkan dalam waktu dekat pejabat berkompeten dari Provinsi Kalsel akan berkunjung ke Tanah Bumbu dan Kotabaru sekaligus sosialisasi terkait kepercayaan penganut Agama Kaharingan. (Scl/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Disdukcapil

Disdukpencapil

Terus Bergerak, Disdukpencapil Gelar Dilan Amanah di SMKS Bangun Banua dan Ponpes Zaadul Muttaqin

Disdukpencapil

Tahun 2022, Disdukpencapil Tanah Bumbu Akan Gelar Perekaman e-KTP di Sekolah
Disdukpencapil

Disdukpencapil

Disdukpencapil Ajak Masyarakat untuk Tertib Administrasi Kependudukan

Bupati Tanah Bumbu

Bupati Zairullah  Buka Puasa Sunnah Bersama ASN
disdukcapil

Covid-19

Disdukpencapil Beri KIA Bagi Anak yang Berani Vaksin
disdukpencapil

Disdukpencapil

Pemerintah Pusat Akan Luncurkan Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman

Disdukpencapil

Disdukpencapil Akan Terbitkan Program Sidang Penetapan Asal Usul Anak
Disduk

Disdukpencapil

Capaian Jemput Bola Dilan Amanah Disdukpencapil Tanbu Sentuh Angka 80 Persen

You cannot copy content of this page