Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Disdukpencapil / Kependudukan

Selasa, 7 Juni 2022 - 11:19 WIB

Disdukpencapil Tanbu Nilai Kesadaran Masyarakat Kurang Terkait Laporan Kematian

"Tingkat kesadaran masyarakat Tanah Bumbu terkait pelaporan kematian terbilang masih rendah." - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu, Gento Hariadi

BATULICIN, RSB – Sistem administrasi kependudukan (adminduk) merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk menata dan menertibkan dokumen dan data kependudukan melalui pencatatan kependudukan, pengelolaan informasi kependudukan dan pendayagunaan database kependudukan baik bagi proses pelayanan masyarakat maupun bagi program-program pembangunan. 

Salah satu bentuk adminduk adalah pengurusan Akta Kematian. Peristiwa ini sering kali dilupakan atau bahkan tidak diketahui oleh masyarakat dalam kepengurusan dokumennya. Pencatatan Kematian merupakan salah satu dari berbagai peristiwa penting yang wajib dicatatkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil karena dalam rangka updating database kependudukan.

Baca juga Disdukpencapil Tanbu Ukur Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Melalui Survey IKN

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu, Gento Hariadi kepada Kru RSB, Senin (6/6/2022) mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi yang diterima dinasnya dari laporan bidang terkait, bahwa tingkat kesadaran masyarakat terkait pelaporan kematian terbilang masih rendah.

Selain itu, dari hasil evaluasi menyebutkan tipikal penduduk Tanah Bumbu akan mengurus dokumen kependudukan saat dibutuhkan saja.

Oleh karenanya, Gento menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melaporkan peristiwa kematian keluarga, saudara, ataupun tetangga, melalui desa dan RT. Karena nanti laporannya akan masuk dan diproses menjadi Akta Kematian sekaligus langsung update ke KK.

Dengan demikian, dinas akan menerbitkan Akta Kematian, maka validitas database akan sangat bermanfaat bagi Pemkab Tanah Bumbu khususnya untuk pesta demokrasi, perencanaan pembangunan, dan semua unsur layanan publik lainnya. (Scl/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Terus Jalankan Inovasi SI KADAL

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Lanjutkan Perekaman e-KTP di Kusan Tengah

Disdukpencapil

Disdukpencapil Jelaskan Lima Elemen Data yang Tidak Boleh Dibagikan ke Orang Lain
Disdukpencapil

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Gencar Lakukan Perekaman e-KTP Melalui Dilan Jomblo

Disdukpencapil

Disdukpencapil Sebut Program Dokter Rumantis Jadi Solusi Dimasa Pandemi
Disdukpencapil

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Tanggapi Rencana Pemerintah Terapkan Biaya Rp 1.000 untuk Akses NIK
cerai

Disdukpencapil

Disdukpencapil Ingatkan Pentingnya Akta Perceraian

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Sampaikan Permendagri Nomor 104 Tahun 2019

You cannot copy content of this page