Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Diskominfo

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:08 WIB

Diskominfo SP Tanbu Sampaikan Syarat Pembangunan Menara Telekomunikasi

Salah satu syarat pertimbangan pembangunan menara telekomunikasi yaitu jumlah warga yang tinggal di daerah tersebut minimal sebanyak 1200 jiwa, ada ketersediaan listrik, dan kondisi akses jalan menuju ke lokasi. (Foto mediaindonesia.com)

Salah satu syarat pertimbangan pembangunan menara telekomunikasi yaitu jumlah warga yang tinggal di daerah tersebut minimal sebanyak 1200 jiwa, ada ketersediaan listrik, dan kondisi akses jalan menuju ke lokasi. (Foto mediaindonesia.com)

BATULICIN, RSB – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam hal pembangunan menara telekomunikasi.

Berhubung target pembangunan menara telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) blank spot di daerah Terluar, Terdepan, Terpencil (3T), jadi ada beberapa persyaratan yang menjadi pertimbangan Diskominfo SP.

Saat talkshow bersama Kru RSB pada, Selasa (30/5/2022), Kepala Diskominfo SP Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah melalui Kabid Pengelolaan Aplikasi Informatika, Kristina Dewi Untari mengatakan, ketika dinas terkait menerima usulan pembangunan menara telekomunikasi maka langkah pertama yang akan dilakukan yakni survei.

 Jadi daerah yang bersangkutan akan dilakukan survei atau pengecekan terlebih dahulu oleh pihak ketiga/vendor.

Baca juga Diskominfo SP Tanah Bumbu Targetkan Bangun 12 Menara Telekomunikasi Baru di Daerah Pelosok

Adapun hal yang akan dicek antara lain lahan untuk pembangunan menara telekomunikasi, apakah ada sengketa lahan atau tidak dan termasuk dalam kawasan hutan atau tidak.

Jika lahan yang bersangkutan masih masuk kawasan hutan serta belum terdaftar APL, maka Diskominfo SP akan berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan dan pihak desa untuk dipindahkan atau digeser titiknya agar menara telekomunikasi bisa terbangun.

Kemudian juga jumlah warga yang tinggal di daerah tersebut minimal sebanyak 1200 jiwa, ada ketersediaan listrik, dan kondisi akses jalan menuju ke lokasi.

Saat ini beberapa wilayah yang sudah disurvei dari pihak vendor yakni Desa Mangkalapi, Desa Teluk Kepayang, Desa Sungai Dua Laut dan Desa Sari Utama.

Kristina menambahkan, Dirjen PPI sejak 2021 sampai dengan 2022 ini menghimbau dan menginstruksikan seluruh operator mulai dari operator Telkomsel, Indosat, XL, untuk dijangkau terlebih dahulu.

Jadi sesuai dengan target yang telah Presiden Jokowi gaungkan bahwa daerah pelosok atau tertinggal juga harus kenal akan teknologi.

Oleh karena itu, sementara ini tidak diperbolehkan membangun yang daerah perkotaan sebab rata-rata sinyal di wilayah perkotaan sudah stabil. (Fdr/Zhd/RSB)

 

Reporter         : Fitriana Rahma

Editor              : Zuhdiansyah

Share :

Baca Juga

Diskominfo

Diskominfo

Halal Bihalal Bersama Pegawai Diskominfo SP, Bupati Bahas Peran Strategis Informasi di Era Keterbukaan

Diskominfo

Wakili Bupati, Kadiskominfo SP Buka Korferkab PWI Tanah Bumbu
Tower

Diskominfo

Diskominfo SP Tanah Bumbu Targetkan Bangun 12 Menara Telekomunikasi Baru di Daerah Pelosok
Diskominfo

Diskominfo

Jika Tidak Ada Aral Melintang, Besok Pengurus Dharma Wanita Persatuan ( DWP ) Tanbu masa bakti 2019-2024 Dikukuhkan

Diskominfo

Diskominfo Statistik dan Persandian Tanbu Prioritaskan Penyelenggaraan Statistik Sektoral
Diskominfo

Diskominfo

Diskominfo SP Tanbu Fasilitasi Rawa Batik Bagi Siswa SMK dan Guru

Diskominfo

Pemda Tanah Bumbu Dukung Penuh Terbentuknya CSIRT
Kominfo

Diskominfo

Kadis Kominfo SP Tanbu Berikan Tanggapan Mengenai Fasilitas Media Komunikasi KLA

You cannot copy content of this page