Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Disnakertranskop / Tanah Bumbu

Kamis, 30 September 2021 - 11:19 WIB

Disnakertrankop dan UM Terus Berikan Upaya Pembinaan Bagi Kampung Transmigrasi di Angsana

BATULICIN, RSB – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertrankop dan UM) terus bersinergi bersama pemerintah provinsi dengan dukungan APBN terus memberikan upaya pembinaan terhadap kampung transmigrasi yang berada di Desa Angsana.

Kepala Disnakertrankop dan UM Tanah Bumbu, Avian Noor, melalui Kasi Pembinaan Transmigrasi, Winarti kepada Kru RSB yang berkunjung ke kantornya pada Rabu, 29 September kemarin menyampaikan, dalam pembinaan itu diberikan pelatihan sesuai dengan potensi di wilayah setempat untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

Dimana, rangkaian dari pembinaan itu dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan mengahadirkan narasumber kompeten di bidangnya.

Berdasarkan potensi kampung transmigrasi itu, yang dominan adalah nelayan, maka dari itu dalam pelatihan bekerja sama dengan Dinas Perikanan, selain itu juga dengan Bidang Usaha Mikro dalam pengembangan produk makanan dari hasil nelayan.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pelatihan pembuatan souvenir dan aksesoris dari kerang pada Juli lalu, yang menghadirkan narasumber dan mentor pemateri dari provinsi.

Sementara ini, diungkapkan Winarti, rencana ke depannya akan dilakukan pelatihan manajemen usaha pada Oktober mendatang. Dengan target peserta diprioritaskan dari kampung transmigrasi tersebut.

Winarti juga menyampaikan, saat ini pembinaan yang dilakukan sudah lebih 5 tahun.

Terkait wacana, kampung transmigrasi tersebut akan menjadikan desa wisata. Prosesnya masih dalam tahap mengusulkan, karena hal ini membutuhkan tindak lanjut dari kementerian. Namun terkait fasilitas umum, sudah terdapat sekolah dasar dan tempat ibadah.

Berbicara masalah infrastruktu jalan, tahun ini masih dalam proses pengerasan, sementara listrik sudah masuk, yang mana hal itu juga di bantu oleh perusahaan sekitar.

Selain listrik, CSR perusahaan juga telah memberikan bantuan sapi untuk peternakan, dan rencana selanjutnya akan dijadikan tempat budidaya lobstrer. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Kecamatan Kuranji

Kecamatan Kuranji Sosialisasikan Program Kerja Pelayan Publik Melalui Siaran Radio

Tanah Bumbu

Lantik BPD PAW, Camat Agus Salim Harapkan BPD Menjadi Mitra Terbaik dalam Membangun Desa

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Hadiri Musrenbang di Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat.
KKP

DKPP

Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas KPP Siapkan 1.603 Ekor Hewan Kurban

Disdukpencapil

Permudah Kepengurusan Dokumen Pernikahan, Disdukpencapil dan Kemenag Jalin Kerjasama
damkar

Dinas PolPP dan Damkar

Pemkab Tanbu Ikuti HUT ke-103 Damkar dan Penyelamatan

Tanah Bumbu

Dalam Rakor Tata Kelola Aset di Yogyakarta, Sekda Ambo Sakka Sebut 1.500 Target Sertifikasi Aset Tanah Bumbu

Dinas Sosial

Dinsos Tanah Bumbu Gelar Bimtek SIKS-NG dan Pengelolaan SLRT Puskesos

You cannot copy content of this page