Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Informasi / Tanah Bumbu

Rabu, 8 Desember 2021 - 12:58 WIB

Kembali, Desa Mustika Kecamatan Kuranji Harumkan Nama Tanah Bumbu di Lomba P2L Tingkat Provinsi

BATULICIN, RSB – Setelah melewati berbagai tahapan penilaian pada akhir November lalu, juara lomba Pengembangan Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (PPL B2SA) dan Lomba Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tingkat Provinsi Kalsel resmi ditetapkan.

Bertempat di Auditorium Hotel Fave, Banjarbaru, pemenang lomba diumumkan dan sekaligus menerima penghargaan pada Senin kemarin.

Hasilnya, Desa Mustika Kecamatan Kuranji menorehkan prestasi dan membawa harum nama Kabupaten Tanah Bumbu pada ajang lomba ini dengan predikat sebagai Juara Terbaik Kedua kategori Pekarangan Pangan Lestari (P2L) tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2021.

Atas torehan prestasi yang luar biasa itu, tentunya disambut gembira masyarakat Kecamatan Kuranji khususnya Desa Mustika. Pasalnya, dalam kurun waktu satu tahun desa di Kecamatan Kuranji Kabupaten Tanah Bumbu dapat meraih lima gelar juara Tingkat Provinsi Kalsel.

Teristimewa bagi Desa Mustika dijelaskan Amin, bahwa gelar juara P2L ini merupakan prestasi keempat setelah sebelumnya berhasil menjadi juara terbaik 1 lomba Asman Toga, juara terbaik 2 lomba Lingkungan Bersih dan Sehat serta juara terbaik 3 lomba Desa Ber-PHBS, yang kesemuanya jenis lomba tersebut adalah penilaian lomba tingkat provinsi.

Ketika dikonfirmasi Kru RSB, Camat Kuranji Muhammad Amin pada Selasa (7/12/2021) mengungkapkan, prestasi yang diraih tersebut tidak terlepas dari pembinaan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Ketehanan Pangan beserta jajarannya.

Menurutnya, Desa Mustika di bawah kepemimpinan Selamat Kurniawan adalah merupakan sosok visioner dalam membina desanya. Kegigihan dan keuletan serta kerjasama yang baik dengan perangkat desa, kelembagaan desa serta lapisan masyarakat yang didukung penuh oleh kecamatan dan lintas sektor kecamatan dan semua unsur lainnya sangat luar biasa.

Lebih jauh dibeberkan, prestasi yang diraih desa-desa yang ada dalam binaannya itu tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Meskipun terpencil dan jauh dari pusat keramaian dan fasilitas, namun mampu menorehkan prestasi hingga bersaing di lomba tingakat provinsi.

Baginya, prestasi yang diraih Desa Mustika merupakan bingkisan spesial akhir Tahun 2021, dimana pada saat semua elemen dari tingkat atas sampai bawah, terkonsentrasi pada penanggulangan bencana pandemi Covid-19.

Berkat keberhasilan tersebut, atas nama Pemerintah Kecamatan Kuranji menghaturkan terimakasih kepada semua pihak, terutama dan terkhusus kepada Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar beserta Ketua TP PKK Kabupaten, Ny. Hj. Wahyu Windarti berserta seluruh jajaran Pemkab Tanah Bumbu terkait yang selalu memberikan bimbingan dan kepercayaan kepada desa di Kecamatan Kuranji untuk bisa berkembang dan maju.

Selain itu, kepada Ketua TP PKK Kecamatan, Ny. Aslamiah, beserta anggotanya yang selalu memberikan perhatian dan membina desa, selanjutnya BPP Kecamatan, Puskesmas serta semua pihak yang terlibat dalam pencapaian itu. Semoga yang sudah dilakukan selama ini membawa keberkahan bagi semua serta mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT. (Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Dinas Sosial

Dinsos Tanah Bumbu Berikan Kontribusi Tekan Angka Kemiskinan Ekstrem

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Tinjau Tiga Desa Lokasi Binaan Program 1 Desa 1 Masjid

Tanah Bumbu

DPRD Tanah Bumbu Rapat Paripurna Bahas Raperda Penyertaan Modal pada PT Air Minum Bersujud
Perikanan

Perikanan

Perda Pelelangan Ikan Disosialisasaikan

Tanah Bumbu

2 Agustus Pemkab Tanah Bumbu Pasang 5000 Bendera Merah Putih

Tanah Bumbu

Kemendagri : Harga Minyak Goreng Bulan Mei 2023 Relatif Terkendali

Informasi

Bagian Umum Jelaskan Cara Sewa Tenda Kerucut

Bappedalitbang

Tanah Bumbu Innovation Awards 2024 Diraih oleh PELITA

You cannot copy content of this page