Disbudporpar Gelar Technical Meeting 30 Finalis Pemilihan Duta Wisata Tahun 2024 Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba

Home / DP3AP2KB

Kamis, 23 Juni 2022 - 09:46 WIB

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Tanah Bumbu Paparkan Capaian Indikator Klaster KLA Tahun 2021

Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi KLA tahun 2021 oleh kementerian PPPA secara virtual di ruang Digital Live Room Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi KLA tahun 2021 oleh kementerian PPPA secara virtual di ruang Digital Live Room Kantor Bupati Tanah Bumbu.

BATULICIN, RSB – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pemaparan capaian indikator klaster KLA Tahun 2021 melalui zoom meeting di Digital Live Room Lantai 4 Kantor Bupati.

Pemaparan ini disampaikan pada saat menghadiri kegiatan Verifikasi Lapangan Hybrid Evaluasi KLA tahun 2021 oleh kementerian PPPA secara virtual, pada Rabu (22/6/2022).

Dalam kesempatannya, Kepala DP3AP2KB Tanah Bumbu Hj. Narni menyampaikan, pada klaster pertama tentang hak sipil dan kebebasan ini meliputi tersedia fasilitas Informasi Layak Anak (ILA) yang mana pada tahun 2021 terakses sebanyak 21.591 anak.

Baca juga Cegah Nikah Dini, DP3AP2KB Tanbu Berikan Layanan Konseling Pranikah

Kemudian juga terbentuk lembaga partisipasi anak yang mana terdapat Forum Anak (FA) kecamatan sebanyak 11 dan FA desa berjumlah 23.

Klaster kedua tentang lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif terdapat persentase perkawinan anak dengan harapan lama sekolah pada tahun 2021 sebanyak 12,48 persen, serta adanya lembaga konsultasi penyedia layanan pengasuhan anak bagi orang tua/keluarga.

Kemudian pada klaster ketiga tentang kesehatan dasar dan kesejahteraan yang meliputi persalinan di fasilitas kesehatan sudah mencapai angka 80,8 persen tahun 2021, dan status gizi balita di mana Kabupaten Tanah Bumbu pada tahun lalu juga menjadi daerah dengan kasus stunting terendah se provinsi.

Baca juga Kasus Pernikahan Usia Dini di Tanah Bumbu Terbilang Tinggi

Klaster keempat tentang pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya yang meliputi wajib belajar 12 tahun, satuan pendidikan ramah anak, dan ketersediaan fasilitas untuk kegiatan budaya, kreativitas dan rekreatif yang ramah anak.

Terakhir atau klaster kelima mengenai perlindungan khusus ini terdiri dari pencegahan dalam pelindungan khusus, pelayanan bagi anak korban kekerasan dan eksploitasi, serta pembebasan anak dari Pekerja Anak (PA) dan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk untuk Anak (BPTA)

 

Reporter         : Fitriana Rahma

Editor              : Admin

Share :

Baca Juga

Stunting

DP3AP2KB

Putus Mata Rantai Stunting Sejak Masa Remaja

DP3AP2KB

Tanah Bumbu Masuk 10 Daerah Penerima Penghargaan KLA 2022 

DP3AP2KB

Forum Anak Desa Sungai Danau Wadahi Hak-hak Anak

DP3AP2KB

Pemda Harapkan Forum Anak Jadi Generasi Kerkualitas dan Berkarakter 

DP3AP2KB

FADes Sungai Danau Raih Penghargaan Dafa Award 2022
Hari Kartini

DP3AP2KB

Peringatan Hari Kartini 2022, Suryani Terima Penghargaan Sebagai Wanita Berprestasi dan Berjasa Bidang Pertanian
Bupati

DP3AP2KB

Hadiri Halal Bihalal SKPD, Bupati Tekankan Implementasi Serambi Madinah
DP3AP2KB

DP3AP2KB

Kasus Pernikahan Usia Dini di Tanah Bumbu Terbilang Tinggi

You cannot copy content of this page