DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024 Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio

Home / Budaya / Mappanre Ri Tasi E / Religi / Serba - Serbi

Senin, 23 Mei 2022 - 10:13 WIB

Ketua Lembaga Ade Ogie Tegaskan Mappanre Ri Tasi E Tahun Ini Bebas Dari Unsur Syirik dan Mistis

"Selaras dengan Konsep pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Prosesi adat Pesta Pantai tahun ini dijauhkan dari hal sirik yang menyimpang dari syariat Agama" - Ketua Lembaga Ade Ogie Tanah Bumbu, Fawahisah Mahabatan

KUSAN HILIR, RSB – Ketua Lembaga Ade Ogie Tanah Bumbu, Fawahisah Mahabatan ketika diwawancarai Kru RSB di sekretariat lembaganya, Sabtu (21/5/2022) menegaskan, bahwa Event Budaya Maritim Pesona Mappanre Ri Tasi E tahun ini tidak ada unsur syirik apalagi mistis.

Fawahisah sendiri didaulat menjadi motor penggerak Ketua Lembaga Ade Ogie Tanah Bumbu pada Januari lalu, sekaligus tahun pertama mumulai kinerja. Sehingga dia memastikan pelaksanaan Mappanre Ri Tasi E bebas dari hal syirik dan mistis seperti memotong hewan di atas kapal.

Melakukan pembaruan konsep budaya adat dari sebelumnya, dia telah menyusun skema yang berfokus pada acara doa bersama dan makan-makan di atas kapal, sesuai nama acaranya Mappanre Ri Tasi E berarti Lembaga Ade Ogie bersama pemerintah daerah memberikan makanan atau membagi makanan kepada pengunjung, dimana SKPD menyiapkan makanan untuk dimakan bersama di stand kuliner etnis Tanah Bumbu.

Baca juga Guru Udin Hadiri Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama di Pantai Pagatan

Menurut Fawa, konsep tahun ini mengedepankan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah, sehingga berdasarkan hasil diskusi dengan Bupati  Abah Zairullah, maka tahun ini prosesi adatnya jauh dari hal-hal syirik menyimpang syariat agama.

Selain itu, dia menekankan pelaksanaan Mappanre Ri Tasi E 2022 mengedepankan keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat untuk menyukseskan acara khususnya masyarakat pesisir.

Pesta Pantai

Pelaksanaan Mappanre Ri Tasi E 2022 mengedepankan keterlibatan dan keikutsertaan masyarakat untuk menyukseskan acara khususnya masyarakat pesisir.

Mengakhiri wawancara, dia mengingatkan beberapa poin penting dari catatan evaluasi di antaranya, perjuangan dari semua pihak terutama lembaga yang dipimpinnya berusaha maksimal memperjuangkan terselenggaranya event budaya ini di tengah situasi Covid-19 yang belum tuntas.

Sehingga, berkat kerja keras dan semangat juang semua pihak di bawah pimpinan Bupati Abah Zairullah termasuk tokoh-tokoh adat berhasil menghantarkan Kabupaten Tanah Bumbu berada pada level I PPKM sekaligus menempatkan diri sebagai daerah terbaik penangan Covid-19 se-Pulau Kalimantan.

Adapun, sebagai bagian dari upaya mendukung penuh penanganan Covid-19, Lembaga Ade Ogie bersinergi dengan Dinas Kesehatan Tanah Bumbu dan Puskesmas setempat menyiapkan posko bagi masyarakat pengunjung yang ingin melakukan vaksinasi di Pantai Pagatan. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Lailatul Jumat

Lailatul Jumat

Habib Abdullah Bin Thohir Isi Tausyiah Lailatul Jumat
Paser

Sekda

Kerjasama Penyangga IKN Nusantara, Kabupaten Paser Kunjungi Tanbu
Haji

Informasi

Diberangkatkan Pada 16 Juni 2022, 73 JCH Tanah Bumbu Dilepas Bupati Abah Zairullah
Religi

Informasi

Majelis Lailatul Jumat Kembali Kedatangan Penceramah Kondang Luar Daerah
Tablikh Akbar

Budaya

Tabligh Akbar di Lokasi Mappanre Ri Tasi E Diisi Ustadz Amri Dari Makassar
SatpolPP

Dinas PolPP dan Damkar

Jaga Kesucian Bulan Ramadhan, Pemkab Tanbu Tegakkan Perda Nomor 27 Tahun 2005
Lomba Kebersihan

DLH

Bupati Tanah Bumbu Serahkan Hadiah Utama Pemenang Lomba Kebersihan Desa/Kelurahan
PGRI

Pendidikan

PGRI Tanah Bumbu Gelar Halal Bihalal

You cannot copy content of this page