Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024

Home / DLH / Kebersihan / Lingkungan / Tanah Bumbu

Selasa, 24 Mei 2022 - 09:59 WIB

Optimalkan Pengelolaan Sampah, DLH Luncurkan Bang Julpikar’s

Bang Julpikar's - Jual, Pilah , Tukar dan Sumbang Sampah. ( Foto Facebook @Aidil Saputra )

Bang Julpikar's - Jual, Pilah , Tukar dan Sumbang Sampah. ( Foto Facebook @Aidil Saputra )

BATULICIN, RSB – Dalam rangka pengelolaan sampah yang lebih optimal di Bumi Bersujud, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu gencar luncurkan inovasi baru bernama Bang Julpikar’s Siap Jemput.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti saat dikonfirmasi Kru RSB pada Senin (23/5/2022) mengatakan, dinasnya melalui UPTD Pengelolaan Sampah dalam pengoptimalan atasi sampah mengimplementasikannya dengan membentuk Bank Sampah Induk (BSI) “Bang Julpikar’s”. 

BSI Bang Julpikar’s ini akan melayani masyarakat baik oleh Bank Sampah Unit maupun perorangan yang ingin melakukan pengelolaan sampah bernilai ekonomis dengan cara menyetorkan sampah tersebut berdasarkan sistem penimbangan dan pencatatan sesuai standar Bank Sampah.

Baca juga DLH Tanbu Sampaikan Mekanisme Pengelolaan RTH

Tidak hanya itu, BSI Bang Julpikar’s juga menerima sedekah berupa  sampah anorganik yang masih bernilai ekonomis dari masyarakat dan hasil penjualannya nanti akan diserahkan kepada pihak pengelola masjid. 

Hal tersebut juga sesuai dengan motto semangat dari BSI Bang Julpikar’s yaitu Sumbang, Jual, Pilah dan Tukar Sampah.

Adapun jenis sampah yang dapat dijual ke BSI Bang Julpikar’s antara lain botol plastik bekas, kardus, koran, dan lain sebagainya dengan kondisi barang sesuai dengan standar.

Kemudian bagi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu yang memiliki sampah anorganik bernilai ekonomis dengan jenis dan kondisi sesuai standar dapat menghubungi kontak Bang Julpikar’s dengan nomor 085348531569.

Sehingga sampah ekonomis yang dimiliki dapat segera diatasi oleh Bang Julpikar’s dan dapat membuat agenda jadwal penjemputan, penimbangan dan pencatatan hasil penjualan pada buku masing-masing nasabah.

Harapannya dengan peluncuran BSI Bang Julpikar’s siap jemput ini dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam hal pengurangan sampah serta nilai tambah sebagai penghasilan tambahan bagi masyarakat. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

DPMD

Tingkatkan Pengelolaan Air Bersih, Dinas PMD Gelar Pelatihan KP-SPAM
Bupati

DPRD

Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu Dampingi Bupati Abah Zairullah Terima WTP Kesembilan Berturut-turut

Tanah Bumbu

Inflasi Ramadhan dan Lebaran 2023 Lebih Rendah Dibandingkan Tahun Lalu

Covid-19

Dinkes Tanbu Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak

Tanah Bumbu

DKPP Tanah Bumbu Launching Inovasi Gemalursang, Bupati Zairullah : Komitmen Turunkan Stunting

Bupati Tanah Bumbu

Apel Peringatan Hari Jadi Koperasi ke 75, Bupati Zairullah Selaku Pembina Upacara

Tanah Bumbu

Direktur RSUD Tanah Bumbu dr. Yandi, Berziarah ke Makam Habib Husein Luar Batang

Tanah Bumbu

Bupati Lantik Pejabat Struktural dan Fungsional Sebanyak 125 Orang

You cannot copy content of this page