Sekda Ambo Sakka Hadiri Serah Terima Jabatan Kepala BPK Perwakilan Kalsel di Banjarbaru Hari Asyura 10 Muharram, Warga Komplek Perumahan Sepunggur Raya Indah Masak Bubur Asyura dan Panjatkan Doa Bersama Dinkes Tanah Bumbu Himbau Pekan Imunisasi Nasional Polio Pemkab Tanah Bumbu Raih Penghargaan Penyelesaian Pencairan 100% Dana Hibah Pilkada Serentak 2024 Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Home / DLH / Kebersihan / Lingkungan / Mappanre Ri Tasi E

Rabu, 25 Mei 2022 - 09:44 WIB

Event Mappanre Ri Tasi E Hasilkan Sampah 2 Sampai 10 ton Perhari

Sejak dibuka secara resmi, Event Mappanre Ri Tasi E setiap harinya telah menghasilkan sampah sebanyak 2 ton dan meningkat hingga 5 kali lipat pada saat menjelang puncak. ( Foto RRI.co.id )

Sejak dibuka secara resmi, Event Mappanre Ri Tasi E setiap harinya telah menghasilkan sampah sebanyak 2 ton dan meningkat hingga 5 kali lipat pada saat menjelang puncak. ( Foto RRI.co.id )

KUSAN HILIR, RSB – Pesona budaya maritim Event Mappanre Ri Tasi E 2022 yang digelar di Pantai Pagatan kali ini hasilkan sampah sebanyak 2 sampai 10 ton per hari.

Sejak dibuka secara resmi, Event Mappanre Ri Tasi E setiap harinya telah menghasilkan sampah sebanyak 2 ton dan meningkat hingga 5 kali lipat pada saat menjelang puncak.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu, Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti kepada Kru RSB (24/5/2022) mengatakan, menjelang puncak acara Mappanre Ri Tasi E telah menumpuk sampah sebanyak 8 sampai 10 ton per hari.

Baca juga Optimalkan Pengelolaan Sampah, DLH Luncurkan Bang Julpikar’s

Sampah yang berserakan di lokasi tersebut merupakan sampah yang dihasilkan oleh pedagang maupun pengunjung yang sedang ikut memeriahkan Event Mappanre Ri Tasi E di sana.

Begitu pula dengan penanganan sampahnya, Indah menyebutkan, sesuai dengan hasil rapat koordinasi dengan sektor terkait, dibagi menjadi 3 pihak yakni Lembaga Ade Ogie Tanah Bumbu, Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu

Area lapak penjualan pedagang merupakan area tanggung jawab penanganan sampah oleh Lembaga Ogie Kabupaten Tanah Bumbu.

Kemudian di area sekitar pantai adalah tanggung jawab kebersihan yang diemban oleh Pokdarwis di bawah koordinasi Disbudporpar Kabupaten Tanah Bumbu.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu dalam hal penanganan kebersihan saat Event ini yakni dengan penempatan kontainer di area pantai dan melakukan pengangkutan sampahnya setiap hari.

Baca juga DLH Siapkan Layanan Pengaduan Sampah

Di samping itu, ada juga beberapa petugas penyisir di bawah koordinasi DLH Tanah Bumbu yang bertugas untuk menyapu jalan di sepanjang jalan menuju area lokasi.

Sampai saat ini, petugas terus melakukan gotong royong untuk membersihkan sampah di area pantai dan lapangan serta sekitarnya dengan menurunkan tim tambahan dari area Simpang Empat. 

Maya berharap, seluruh masyarakat baik pedagang maupun pengunjung dapat ikut serta mendukung upaya menjaga kebersihan lokasi dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Harjad

DLH

Desa Banjarsari Kecamatan Angsana Sabet Juara Pertama Lomba Desa Tingkat Kabupaten
Tablikh Akbar

Budaya

Tabligh Akbar di Lokasi Mappanre Ri Tasi E Diisi Ustadz Amri Dari Makassar
Ka Dishub

Dishub

Dishub Tanbu Akan Memberhentikan Sementara Angkutan Barang Melintas ke Arah Pantai Pagatan
Disbudporpar

Disbudporpar

Dua Artis Ibu Kota Akan Hibur Masyarakat Tanah Bumbu di Pantai Pagatan
Damkar

Dinas PolPP dan Damkar

Sukseskan Mappanre Ri Tasi E, Tim Damkar Tanbu Siaga Beri Layanan Kebakaran dan Non Kebakaran di Posko Kusan Hilir

DLH

Sekolah di Tanah Bumbu Berhasil Raih Penghargaan Adiwiyata
Pesta Pantai

Dinas PolPP dan Damkar

Satpol PP Tanbu Menyayangkan Pedagang Tidak Tertib Aturan yang Berdagang di Luar Zona

DLH

DLH Akan Tambah TPS-3R di Kawasan Banyak Sampah

You cannot copy content of this page