Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Senin, 18 April 2022 - 10:21 WIB

Pemerintah Pusat Akan Luncurkan Aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman

Pemerintah pusat akan meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Dukcapil Dalam Genggaman. ( Foto: krjogja.com)

Pemerintah pusat akan meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Dukcapil Dalam Genggaman. ( Foto: krjogja.com)

BATULICIN, RSB – Sebagai upaya memberikan kemudahan dan transparansi dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat yang tidak terbatas ruang dan waktu, pemerintah pusat akan meluncurkan aplikasi berbasis android bernama Dukcapil Dalam Genggaman.

Sasaran utama dari layanan ini adalah masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mengurus dokumen kependudukan serta kaum muda supaya tertib adminduk sejak dini.

Ketika dikonfirmasi Kru RSB terkait hal itu, Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariadi, Kamis (14/4/2022), menyampaikan bahwa aplikasi Dukcapil Dalam Genggaman nanti isinya berkaitan dengan ID Digital yang meliputi administrasi kependudukan.

Baca juga Disdukpencapil Tanbu Tanggapi Rencana Pemerintah Terapkan Biaya Rp 1.000 untuk Akses NIK

Sehingga, semua data mengenai Kartu Keluarga, KTP, Akte Kelahiran dan dokumen administrasi kependudukan lainnya semuanya sudah dalam bentuk digitalisasi.

Lebih lanjut dijelaskan Gento, ketika melakukan kepengurusan seperti di Bank, maka administrasi kependudukan yang dibutuhkan cukup dengan menggunakan aplikasi tersebut yakni hanya menampilkan QR Code dan hal itu akan menghemat kartu dan biaya fotokopi.

Menurutnya, ketika hal itu telah ditetapkan maka tidak langsung semuanya akan menerapkan, karena di Indonesia masih banyak penduduk yang tidak paham teknologi dan posisi tempat tinggal yang juga masih banyak akses internet tidak memadai.

Sehingga, akan secara perlahan aplikasi ini akan diberlakukan kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun sebagian besar pun dapat menggunakannya karena berdasarkan hasil survei, penduduk Indonesia hampir 90 persen telah bersosial media. 

Adapun, manfaat yang dicanangkan dari hadirnya aplikasi tersebut yakni terbangunnya database kependudukan yang valid dan up to date sekaligus mewujudkan NIK sebagai single identity number.

Selanjutnya manfaat bagi pemerintah daerah, yakni mewujudkan database kependudukan Kabupaten Tanah Bumbu yang tunggal dan valid untuk mendukung proses perencanaan dan pembangunan daerah, pemberian bantuan yang tepat sasaran serta mendukung proses demokrasi. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

DP3AP2KB

Pemkab Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Tanah Bumbu

Tingkatkan Pelayanan Pengasuhan Anak, Kementerian Perlindungan Anak Jalin Kerjasama dengan Fornas LKSA – PSAA

Tanah Bumbu

2 Agustus Pemkab Tanah Bumbu Pasang 5000 Bendera Merah Putih
Pupr

PUPR

Dinas PUPR Tanbu Terus Upayakan Perbaikan Jalan Rusak

Tanah Bumbu

Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Digelar Mei 2023.

Tanah Bumbu

Selama Kemarau, Ada 100 Titik Kebakaran Lahan di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sediakan Alat Pemeriksaan Radiologi

Tanah Bumbu

Melasti Umat Hindu se-Kamimantan Selatan Digelar di Pantai Madani

You cannot copy content of this page