Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Informasi / RSB

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:28 WIB

Penyiar Berkarakter Merupakan Ujung Tombak Radio

Kunjungan Kerja Direktur Radio Swara Bersujud (RSB) Tanah Bumbu Sukriansyah dan Ketua Dewan Pengawas RSB Ardiansyah ke RRI ( Pro 1 ) Banjarmasin disambut Koordinator Bagian Pemberitaan LPP RRI Banjarmasin Nordiana, S.Sos, M.I.Kom dan Koordinator Liputan Pemberitaan Yusnan

Kunjungan Kerja Direktur Radio Swara Bersujud (RSB) Tanah Bumbu Sukriansyah dan Ketua Dewan Pengawas RSB Ardiansyah ke RRI ( Pro 1 ) Banjarmasin disambut Koordinator Bagian Pemberitaan LPP RRI Banjarmasin Nordiana, S.Sos, M.I.Kom dan Koordinator Liputan Pemberitaan Yusnan

BANJARMASIN, RSB – Di era industri 4.0, dunia radio pun dituntut supaya mampu mengikuti perkembangan teknologi penyiaran. Sedangkan tokoh yang menjadi ujung tombak adalah penyiar yang mempunyai suara berkarakter, untuk memperkuat informasi yang disampaikan kepada pendengar.

Serta, hendaknya dibarengi oleh dukungan berita-berita informatif yang disampaikan kepada masyarakat.

Hal itu diungkapkan Koordinator Bagian Pemberitaan LPP RRI Banjarmasin Nordiana, S.Sos, M.I.Kom dan Koordinator Liputan Pemberitaan Yusnan di Banjarmasin, Sabtu (14/5/2022) kemarin.

Baca juga Hari Kedua Studi Banding, RSB Kunjungi Dua Titik di Banjarmasin

Ketika menyambut hangat kunjungan kerja Direktur Radio Swara Bersujud (RSB) Tanah Bumbu Sukriansyah dan Ketua Dewan Pengawas RSB Ardiansyah ke RRI ( Pro 1 ), Nordiana menegaskan, karena penyiaran merupakan ujung tombak maka mereka harus disiplin dalam melakukan tugasnya.

Lebih lanjut ditegaskannya, jika mereka datang terlambat menjalankan tugas dalam lima menit saja, maka harus diberikan sanksi tegas. Bagi yang terlambat datang diberikan Surat Peringatan ( SP ) Pertama, kalau sampai melanggar, maka peluang untuk diberhentikan ada.

Dengan diberlakukannya SP-1 bagi penyiar, sehingga, tidak ada lagi penyiar yang melanggar. Meskipun hari hujan mereka tetep turun ke kantor untuk siaran.

Menurut Nordiana, sebagus apapun berita yang ditulis tidak akan sampai kepada pendengar jika tidak dibacakan penyiar. Selain itu, penyiar harus bisa berimprovisasi dalam hal siaran. Misal ketika memutar lagu -lagu harus ada selingan berita ringan bagi pendengar.

Sementara itu, Yusnan menambahkan, supaya dapat bersaing dengan radio-radio digital di era milenial, penyiar selain sebagai ujung tombak mereka merupakan etalase di radio tempatnya bertugas.

Jadi, seharusnya mengetahui segmentasi pendengar, hingga memahami semua seluk beluk aktivitas keseharian mereka, tentu informasi yang akan disampaikan tidak jauh dari rutinitasnya.

Di samping itu agar pemberitaan lebih terarah, jelas Yusnan, harus ada agenda setting. Semua kru pagi hari saat turun ke kantor harus rapat membicarakan topik apa yang hangat diangkat untuk berita dan disiarkan hari itu.

Karena jika tanpa agenda setting, berita atau siaran yang diangkat menjadi topik tidak terarah.

Dalam kesempatan berkunjung ke RRI Banjarmasin, Sukriansyah dan Ardiansyah mengungkapkan, kunjungan mereka ke radio milik pemerintah pusat ini bertujuan meningkatkan SDM staf RSB yang dipimpinnya saat ini.

Bahkan sedang dijajaki kerjasama tenaga penyiar dan reporter magang di RRI Banjarmasin.

Untuk meningkatkan kualitas reporter RSB dan penyiar, salah satu wartawan senior Kalsel ini mempunyai program mengirimnya magang ke RRI.

Terkait magang di RRI, jelas Nordiana dan Yusnan, pihaknya siap bekerja sama kapan saja. Nantinya mereka juga akan dibawa ke lapangan. (Edw/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Covid-19

Sebaran Covid-19 di Tanah Bumbu Tunjukkan Angka Pertambahan Signifikan

Diskominfo

Hari Terakhir Raker SKPD, Diskominfo SP Tanbu Siap Fasilitasi Aplikasi Bagi SKPD Menuju Serambi Madinah

Informasi

Pemkab Tanbu Akan Lelang Ratusan Kendaraan Secara Online Melalui KPKNL
Mtq

Informasi

Berlangsung Meriah, Camat Sungai Loban Lepas Kafilah Pawai Ta’aruf MTQ

Informasi

Hari Kedua Raker SKPD Masuk Paparan Program Kegiatan

Informasi

Dirut RSUD dHAAN Kunjungi RSB
dkump2

DKUMP2

Sesuaikan Anjuran Harga Pemerintah Pusat, DKUMP2 Gelar Pasar Murah
Isra Mi'raj

Informasi

Akhiri Safari Isra Mi’raj, Abah Zairullah Kunjungi Empat Desa Sekaligus

You cannot copy content of this page