Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Selasa, 4 Januari 2022 - 08:15 WIB

Permudah Kepengurusan Dokumen Pernikahan, Disdukpencapil dan Kemenag Jalin Kerjasama

BATULICIN, RSB – Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam mempermudah kepengurusan dokumen pernikahan melalui program inovasi “Kamu Jodohku”, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu bersama Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Bumbu jalin kesepakatan kerjasama bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Tanah Bumbu, Senin (03/01/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Tanah Bumbu, Said kepada Kru RSB dalam sesi wawancara usai pelaksanaan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) program Kamu Jodohku menyampaikan, program Kamu Jodohku merupakan sebuah program yang dibuat untuk mempermudah calon pengantin dalam kepengurusan dokumen setelah menikah.

Dimana menurutnya, ketika di hari pernikahan keperluan dokumen telah lengkap dikeluarkan oleh Kemenag dan Disdukpencapil Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kerjasama untuk kepengurusan dokumen, maka disampaikannya, sebelum melangsungkan penikahan cukup memenuhi persyaratan pernikahan seperti pada umumnya

Kemudian administrasi pengajuan berkas untuk melaksanakan akad nikah yang diajukan oleh calon pengantin akan disinkronkan oleh pihak Kementerian Agama dengan pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sehingga akan menentukan lengkap atau tidaknya data tersebut.

Selain bekerjasama dengan Disdukpencapil, program ini juga melibatkan seluruh Camat di Kabupaten Tanah Bumbu untuk memberikan kontribusi berupa sosialisasi kepada masyarakat terkait program tersebut.

Dalam kepengurusannya pun tetap melibatkan Kantor Urusan Agama pada 12 Kecamatan di Bumi Bersujud yang berperan sebagai jembatan dalam kelancaran penerbitan dokumen yang diperlukan.

Dalam moment penandatanganan tersebut, pihak Kemenag dan Disdukpencapil menghadirkan pengantin yang telah menerima berkas hasil perubahan setelah menikah. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Disporpar Tanbu Tekankan Pentingnya Pelatihan Video Promosi
KP2S

DP3AP2KB

Pertemuan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kembali Digelar
PGRI

Disdikbud

Pengurus PGRI Kabupaten Tanah Bumbu Akan Gelar Halal Bi Halal Hari Ini

Tanah Bumbu

Jamaah Lailatul Jumat Pemkab Tanah Bumbu Terima Dorprize Berhadiah

Tanah Bumbu

TPPS Kecamatan Sungai Loban Bekerjasama dengan PT TIA Menggelar Pelatihan untuk Kader Posyandu

Disdukpencapil

Disdukpencapil Tanbu Ikuti Program Sertifikasi ISO 9001 Versi Tahun 2015

BPBD

Aktivitas Korban Banjir di Satui Mulai Normal

Tanah Bumbu

Pemilu 2024, Bupati Zairullah Nyoblos di TPS 16 Desa Bersujud

You cannot copy content of this page