Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Jumat, 24 September 2021 - 10:01 WIB

Program DMM Disdukpencapil Tunggu Jadwal Talkshow di RSB

BATULICIN, RSB – Dalam menyampaikan informasi seputar administrasi kependudukan agar lebih mengena dan tepat sasaran, program Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) yang diinisiasi Disdukpencapil Tanah Bumbu dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui media sosial, zoom meeting, siaran Radio Swara Bersujud (RSB) dan pelayanan keliling.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu, Gento Hariadi ketika diwawancarai Kru RSB dinkantornya, Kamis, 23 September 2021 siang kemarin.

DMM menggunakan media sosial selalu dilakukan setiap hari oleh akun resmi dinas. Disdukpencapil membuka ruang bagi masyarakat untuk bertanya di media facebook, instagram dan website.

Selain itu, Gento juga menyampaikan terkait DMM yang dilakukan secara terjadwal dalam talkshow yakni di media Radio Swara Bersujud (RSB).

Selain talkshow, Disdukpencapil juga melakukan interaksi dengan membuka layanan telpon untuk masyarakat yang menanyakan perihal administrasi kependudukan, untuk memberi info, pendapat, saran dan sebagainya. Tahapan berikutnya untuk DMM ini pihaknya masih menunggu jadwal talkshow dari RSB.

Ia juga menyebutkan program DMM secara virtual dengan zoom meeting, tetapi beberapa hari yang lalu hingga sekarang masih terdapat gangguan jaringan sehingga hal tersebut tertunda.

Khusus untuk zoom meeting, sudah pernah dilakukan sebelumnya di Ruang Rapat Disdukcapil dengan mendapat respon yang baik dari masyarakat, namun DMM secara virtual hanya bisa di jangkau oleh masyarakat yang paham dengan teknologi, lebih dominan di daerah perkotaan yang mengerti terkait zoom meeting.

Sementara masyarakat yang tidak mengerti teknologi akan diberikan pelayanan keliling yang dilakukan dengan mendatangi secara door to door. Hal tersebut selain untuk memberikan layanan kepada masyarakat, juga untuk memberikan informasi terkait administrasi kependudukan.

Pelayanan keliling merupakan pelayanan yang terjadwal untuk semua wilayah di Tanah Bumbu dengan menggunakan mobil pelayanan mendatangi ke kecamatan atau ke desa untuk memenuhi permintaan perekaman orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) dan bagi penyandang disabilitas melalui kerjasama dengan Dinas Sosial. (Des/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Serahkan Bantuan untuk Pengungsi Terdampak Banjir di Kecamatan Simpang Empat

Tanah Bumbu

Jika Tidak Ada Aral Melintang, 17 Januari Launching Nasional Kampung Zakat di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Camat Sungai Loban Gelar Rakor dengan Semua Kepala Desa di Wilayahnya

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Sampaikan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS Tahun Anggaran 2023
PKK

Dinsos

TP-PKK Tanbu Dampingi Dinsos Salurkan Bantuan dari Provinsi di Kusan Hilir

Tanah Bumbu

Ketua KNPI Tanah Bumbu Andi Rustianto Ajak Pemuda Sukseskan Pilkada 2024

Tanah Bumbu

Reporter RSB Risma Diajak Gubernur Kalimantan Selatan ke Pemprov Jawa Timur Bersama 13 Pemuda Pelopor

Tanah Bumbu

Peringati 7 Februari, Pemkab Tanah Bumbu Segera Gelar Rapat Persiapan

You cannot copy content of this page