Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Budaya / Mappanre Ri Tasi E

Senin, 23 Mei 2022 - 10:53 WIB

Puncak Mappanre Ri Tasi E, Bupati Tanah Bumbu Berdoa di Tengah Laut Didampingi Puluhan Kapal

Dua tahun Mappanre Ri Tasi E ditunda, kini Mappanre Ri Tasi E dilakukan dengan pengemasan acara yang berbeda, karena ada hal yang diperbaiki sesuai dengan kesepakatan antara Pemkab Tanah Bumbu dan Lembaga Ade Ogie.

Dua tahun Mappanre Ri Tasi E ditunda, kini Mappanre Ri Tasi E dilakukan dengan pengemasan acara yang berbeda, karena ada hal yang diperbaiki sesuai dengan kesepakatan antara Pemkab Tanah Bumbu dan Lembaga Ade Ogie.

KUSAN HILIR, RSB – Puncak kegiatan Pesona Pesta Pantai Mappanre Ri Tasi E tahun 2022, Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar melakukan doa bersama di tengah laut Pantai Pagatan pada Minggu (22/5/2022) kemarin pagi.

Abah Zairullah Azhar mengatakan, bahwa kegiatan rutin tahunan ini tidak mengurangi nilai-nilai budaya yang telah menjadi adat dari para leluhur nenek moyang pada zaman dulu.

Setelah dua tahun Mappanre Ri Tasi E tidak dilaksanakan, kini Mappanre Ri Tasi E dilakukan dengan pengemasan acara yang berbeda, karena ada hal yang diperbaiki sesuai dengan kesepakatan antara Pemkab Tanah Bumbu dan Lembaga Ade Ogie. 

Beberapa prosesi yang dilakukan dengan cara yang berbeda ini tentunya untuk menghindari persepsi negatif, yang mana terdapat beberapa masyarakat menganggap acara tahunan sebelumnya adalah syirik.

Baca juga Kemeriahan Puncak Pesta Pantai Akan Diwarnai 100 Kapal

Jadi pada penyelenggaraan tahun ini, Bupati Tanah Bumbu, Abah Zairullah juga mengungkapkan rasa syukur yang amat dalam karena acara Mappanre Ri Tasi E pada tahun ini dapat terlaksana dengan lancar.

Kemudian setelah melakukan doa bersama di laut, Bupati Tanah Bumbu beserta rombongan menikmati hidangan yang telah disediakan berupa makanan ringan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Saat menikmati hidangan, juga diiringi dengan musik khas daerah yang ditampilkan oleh masyarakat yakni musik klasik yang berasal dari hasil pukulan kayu panjang dan dipukul sembari diikuti dengan tarian-tarian kecil.

Pesta Pantai

Setelah melakukan doa bersama di laut, Bupati Tanah Bumbu beserta rombongan menikmati hidangan yang telah disediakan berupa makanan ringan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT.

Bupati berharap, tangkapan ikan bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan akan semakin meningkat, sehingga bisa menyejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pada kesempatan yang sama dia juga menyebutkan terkait dengan pengembangan pariwisata akan fokus dalam pembangunan siring laut dan menyelesaikan pembangunan masjid di tengah laut.

Kemudian juga akan dilakukan pelebaran jalan dengan memundurkan bangunan dekat Siring tersebut sekitar 8 meter ke belakang serta memperbaiki jalanan yang rusak sehingga para wisatawan dapat berkunjung dan menikmati indahnya pantai di Kabupaten Tanah Bumbu dengan nyaman.

Serta, dengan meningkatnya jumlah pengunjung yang berwisata di Kabupaten Tanah Bumbu tentunya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat maupun Pemkab Tanah Bumbu. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

PolPP Damkar

Dinas PolPP dan Damkar

Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tanah Bumbu Kerahkan 74 Personil dalam Acara Tabligh Akbar Bersama Guru Udin
PUPR

Mappanre Ri Tasi E

Sikapi Usulan Masyarakat Terkait Jalan, Dinas PUPR Tanbu Prioritaskan Perbaikan Jalan Paling Parah
Makanan Etnis

Budaya

Masakan Khas Tradisional Makassar Meriahkan Puncak Mappanre Ri Tasi E
Mappanre Ri Tasi E

Mappanre Ri Tasi E

Guru Udin Hadiri Tabligh Akbar dan Dzikir Bersama di Pantai Pagatan

Disbudporpar

Disbudporpar Tanbu Beberkan Rencana Pelaksanaan Mappanre Ri Tasi
Harjad

Budaya

Bupati Abah Zairullah Apresiasi Tari Persembahan Binaan Disbudporpar
Dishub

Budaya

Dishub Tanbu Siap Sukseskan Mappammula Gau
Damkar-SatpolPP

Dinas PolPP dan Damkar

Dukung Kesuksesan Event Budaya Pesona Mappanre Ri Tasi Tim Satpol-PP Tanbu Siap Jaga Keamanan dan Ketertiban

You cannot copy content of this page