DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu Meningkatkan Pendidikan di Tanah Bumbu, Amiluddin: Dinas Pendidikan Tetap Menunjang Program SDSM

Home / Covid-19 / Kesehatan / Tanah Bumbu

Selasa, 24 Agustus 2021 - 08:17 WIB

RSUD DHAAN Lakukan Pemeriksaan Rontgen Thorax Bagi Pasien Covid-19

BATULICIN – Bagi pasien positif Covid-19 perlu memeriksakan kondisi paru-paru dengan menggunakan metode rontgen thorax di RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor (DHAAN).

Seperti diketahui, virus corona penyebab Covid-19 menyerang saluran pernapasan sehingga ada kekhawatiran mengenai kondisi paru-paru pasien tersebut.

Spesialis Radiologi RSUD DHAAN, dr. Yetty Sarah, Sp.Rad kepada Kru RSB beberapa hari kemarin mengatakan, foto rontgen thorax bertujuan untuk mendeteksi lebih dini apakah ada kelainan dalam paru-paru yang mengarah pada pneumonia Covid-19. Jika terjadi kerusakan berat maka akan dirawat inap di rumah sakit.

Setelah dirawat, maka akan tetap dilakukan pemeriksaan rontgen thorax secara berkala setiap 3 hari sekali untuk melihat perkembangan paru-paru. Sedangkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan hanya rontgen awal dan akhir saja.

Pemeriksaan foto Rontgen dilakukan untuk menampilkan bagian tubuh pasien dalam gambar 2 dimensi dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan radiasi sinar-x.

Rontgen thorax akan menggambarkan seluruh organ yang ada di rongga dada, seperti: jantung, paru-paru, saluran pernafasan, tulang iga, pembuluh darah, tulang belakang, tulang belikat, dan sebagian tulang pada sendi bahu.

Pada kasus Covid-19, peradangan bisa terjadi di semua saluran pernapasan, mulai dari tenggorokan sampai rongga paru-paru. Peradangan juga menyebabkan paru-paru membengkak hingga terisi cairan.

Bagi mereka yang terinfeksi virus corona dengan gejala ringan maupun tanpa gejala, biasanya akan diminta melakukan isolasi mandiri di rumah atau fasilitas yang disediakan.

Terakhir dr. Yetty mengimbau untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti anjuran dari pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19 di Tanah Bumbu. (Tar/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Silaturahmi dengan 171 Kepala Desa se-Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Tim Verifikasi Kabupaten Tanah Bumbu Sepakat 16 Desa Layak Dimekarkan

Tanah Bumbu

Sejak Libur Akhir Tahun, Terjadi Peningkatan Jumlah Penumpang Ferry di Batulicin
BPD

BPD

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Lantik 15 Anggota BPD
Kesbangpol

Kesbangpol

Tahun Depan, Badan Kesbangpol Programkan Pendidikan Politik di Seluruh Kecamatan

Informasi

Shalawat Nabi ” Pembuka ” Pelantikan Pejabat 167 Fungsional

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Kembali Gelar Rakor RT se-Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Rombongan Tim Kemendes PDTT RI Sudah di Tanah Bumbu

You cannot copy content of this page