Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Dinas PolPP dan Damkar / Tanah Bumbu

Kamis, 3 Maret 2022 - 11:47 WIB

Tanggap Tangani Kebakaran, Damkar Tanbu Siagakan 6 Posko Respon Time

HUT ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia secara virtual di Digital Live Room Lantai 4 Kantor Bupati

HUT ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia secara virtual di Digital Live Room Lantai 4 Kantor Bupati

BATULICIN, RSB – Saat ini, Wilayah Manajemen Kebakaran (WMK) di Kabupaten Tanah Bumbu tidak ada peristiwa kebakaran yang tercatat tidak tertangani oleh tim Damkar.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu, Anwar Salujang melalui Kabid Damkar Ade Febriady pada sesi wawancara dengan Kru RSB usai mengikuti peringatan HUT ke-103 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Indonesia secara virtual di Digital Live Room Lantai 4 Kantor Bupati, Selasa (01/03/2022) kemarin.

Lebih lanjut Ade menjelaskan, bahwasannya seluruh anggota posko di lapangan bisa bergerak cepat melalui respon time (waktu tanggap-red) yang sudah diatur oleh Kemendagri maksimal 15 menit.

Baca juga Pemkab Tanbu Ikuti HUT ke-103 Damkar dan Penyelamatan

Tentunya respon time 15 menit tersebut dapat terlaksana dengan kesigapan anggota dan armada, yang mana semua itu juga atas dukungan dari pimpinan daerah, Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar.

Selain itu, dia juga mengatakan, pemadam kebakaran saat ini memang lebih banyak menolong dan bergerak untuk masyarakat dalam hal penyelamatannya, seperti adanya hal-hal evakuasi animal rescue (penyelamatan binatang-red) dan bantuan pelepasan cincin besi.

Mencermati kesigapan bidangnya terkait peristiwa kebakaran, Ade menyebutkan lokasi posko kebakaran yang tersebar di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu. 

Untuk saat ini, di Kabupaten Tanah Bumbu telah tersebar posko kebakaran sebanyak 6 posko yang ditempatkan pada titik rawan kebakaran.

Adapun wilayah yang didirikan posko itu antara lain Kecamatan Simpang Empat, Batulicin, Gunung Tinggi, Kusan Hilir, Sungai Loban dan Satui.

Menurutnya, tujuan pendirian posko kebakaran itu adalah untuk dapat memantau lingkungan sekitar dan dapat dengan sigap memberikan penanganan bagi wilayah yang terjadi kebakaran.

Pada akhir wawancara, dia menyampaikan harapan, semoga tim pemadam kebakaran dan masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu dapat terus bersinergi mendukung penuh terhadap tindak penyelamatan penanganan kebakaran maupun non-kebakaran di Kabupaten Tanah Bumbu sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman dan mengurangi dampak dari bencana kebakaran. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Asisten Bupati Eka Saprudin Sebut Kegiatan Keagamaan Terus Mengalami Peningkatan
PUPR

PUPR

Dinas PUPR Tanbu Sebutkan Progres Perbaikan Jalan Mencapai 35 Persen

Tanah Bumbu

Masjid Ziyadatul Abrar Tanah Bumbu, Merupakan Masjid Terapung Ketujuh se-Indonesia

Tanah Bumbu

Bupati Abah Zairullah Inspektur Upacara Parade Peringatan Hari Pahlawan 7 Februari

Tanah Bumbu

DKPP Tanah Bumbu Himbau Pemuda Agar Berpartisipasi dalam Program YESS

Tanah Bumbu

Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Lalin Melalui Operasi Kepolisian Keselamatan Intan 2023
DPMD

DPMD

Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Disambut Meriah di Desa Banjarsari

Tanah Bumbu

Bupati Sampaikan Tiga Buah Raperda

You cannot copy content of this page