Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Kec. Kusan Hilir

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:53 WIB

Sekdes Penyolongan Gali Potensi Desanya untuk BUMDes

Musyawarah desa akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya menggali potensi desa untuk dijadikan Bumdes. di Desa Penyolongan

Musyawarah desa akan membahas lebih lanjut tentang pentingnya menggali potensi desa untuk dijadikan Bumdes. di Desa Penyolongan

BATULICIN, RSB – Sekretaris Desa ( Sekdes ) Penyolongan Muhammad Arief Furqon akan menggali potensi desanya untuk mengembangkan BUMDes agar hasil yang didapatkan dari studi banding tidak sia-sia.

Hal tersebut dikatakannya menanggapi keinginan dari Camat Kusan Hilir Arianto Sani agar seluruh Sekretaris Desa ( Sekdes ) yang ada di wilayah untuk membuka pola pikir terkait kemajuan desa melalui pelayanan.

Selain itu, sebagai pengayoman terbaik kepada masyarakat serta kreatif dalam mengembangkan potensi desa untuk membangun BUMDes.

Baca juga Usai Studi Banding Ke Bandung, Camat Kusan Hilir Tekankan Sekdes Harus Membuka Pola Pikir

Dihubungi  Reporter RSB melalui telepon, Selasa ( 29/6/2022 ), Arif Forqon mengatakan, wilayah Desa Penyolongan dikelilingi  perkebunan kelapa dan wilayah sungai, maka pembentukan dan upaya BUMDes yang akan diupayakan kedepannya tidak jauh dari dua aspek tersebut.

Gambaran yang dimaksud bisa saja terkait pengolahan hasil kelapa atau bahkan pembuatan tambak-tambak ikan.

Pada saat musyawarah desa nanti akan dibahas lebih lanjut tentang pentingnya menggali potensi desa untuk dijadikan Bumdes.

Baginya, aspek ekonomi BUMDes di Desa Cikoneng sangat luar biasa dengan BUMDes Kolam Renang Tirta Raya yang setiap harinya ramai dikunjungi oleh masyarakat setempat utamanya anak-anak dan para remaja, yang mana bukan hanya sebagai tempat hiburan atau wisata, akan tetapi menjadi sumber penghasilan dan menumbuhkan ekonomi desa. 

Lebih lanjut Arief Furqon menjelaskan, hal tersebut akan dijadikan sebagai bahan pelajaran karena tujuan mulia adanya BUMDes untuk meningkatkan perekonomian desa dan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa dan itu akan menjadi tantangan di masa depan.. 

Seperti diberitakan, Camat Arianto membawa 17 Sekdes melakukan studi banding ke Kabupaten Bandung, Kecamatan Ciparay, Desa Cikoneng Jawa Barat beberapa waktu lalu.

 

Reporter / Editor       : Desy Aulia / Admin

Share :

Baca Juga

Kec. Kusan Hilir

Tournament Bola Voli Tanete Cup 2022 dan Lelang Amal Sukses Terlaksana 
Musrenbang

Kec. Kusan Hilir

Bupati Abah Zairullah Inginkan Lahirnya Generasi Cerdas
Pagatan

Kec. Kusan Hilir

Ikuti Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, Kelurahan Kota Pagatan Ekspose Inovasi

Kec. Kusan Hilir

Uniknya, Desa Muara Pagatan Tampil Gunakan Baju Adat Pokko pada Jambore PKK

Kec. Kusan Hilir

Camat Kusan Hilir Sebut Desa Tanete dan Penyolongan Susah Signal, Sehingga Perlu Diperhatikan

Kec. Kusan Hilir

Bencana Banjir Rob Sering Terjadi di Kusan Hilir
Pagatan

Informasi

Dukung Acara Mappanre Ri Tasi, Camat Kusan Hilir Himbau Masyarakat Jaga Kebersihan

Kec. Kusan Hilir

Ketua TP PKK Kusan Hilir Sebut Jambore PKK Sebagai Ajang Pembuktian Pelayanan Terbaik

You cannot copy content of this page