Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / BPD / DPMD

Jumat, 24 Juni 2022 - 12:25 WIB

Dinas PMD Tanbu Harapkan BPD Segera Sinergi dengan Perangkat Desa

"BPD berfungsi dalam mengawasi dan menjalankan roda pemerintahan, di samping tupoksi, BPD menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat."- Samsir, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Tanah Bumbu.

BATULICIN, RSB – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Tanah Bumbu mengharapkan Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) yang baru saja dilantik segera bersinergi dengan perangkat desa. 

Kedudukan BPD, sebagaimana di sampaikan Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar, setara eksekutif dan legislatif, yang mana merupakan posisi kepala desa sebagai eksekutif dan BPD. Sebagai legislatif yang diharapkan usai di lantik ini segera melakukan sinergisitas dengan perangkat desa.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ( DPMD ) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir ketika menghadiri pelantikan Anggota BPD

Desa Pulau Satu, Desa Pagarruyung, Kecamatan Kusan Hilir serta Desa Saring Sungai Binjai, Kecamatan Kusan Tengah di Ruang Rapat Bersujud I Kantor Bupati, Gunung Tinggi, Tanah Bumbu, Jumat (24/6/2022).

Baca juga Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar Lantik 15 Anggota BPD

Lebih lanjut  Samsir mengatakan,  BPD berfungsi dalam mengawasi dan menjalankan roda pemerintahan, di samping tupoksi, BPD menggali, menampung, mengelola dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Tambahnya, dalam pelantikan pada hari ini terdapat tiga desa yang dilantik dengan masing-masing anggota BPD sebanyak lima orang yang nantinya akan dipilih ketua dan strukturnya.

Adapun pendidikan dari setiap anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) yakni lulus   Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) sebanyak empat orang, Sekolah Menengah Atas ( SMA ) sebanyak sepuluh orang dan seorang yang sarjana.

Terkait dengan peningkatan Sumber Daya Manusia ( SDM ), saat ini Dinas PMD lebih konsentrasi kepada aparatur desa, dimana aparatur desa lah yang melayani masyarakat secara langsung seperti Sekdes dan sebagainya.

 

Reporter         : Desy Aulia

Editor              : Admin

Share :

Baca Juga

Pemilu

DPMD

Dinas PMD Tanbu Konfirmasi Tertundanya Pilkades Serentak Tahun Ini

DPMD

Tingkatkan SDM Desa, Pemda Tanah Bumbu Sekolahkan 130 Perangkat Desa 

DPMD

Tahun Depan, Tanbu Bakal Gelar Pilkades di 54 Desa

DPMD

Banjarsari Juara Kedua Lomba Desa/Kelurahan se Kalimantan Selatan
Dpmd

DPMD

Peringati Hari Lahir Pancasila, Dinas PMD Tanbu Ikuti Upacara Secara Virtual

DPMD

Jika Tidak Ada Aral Melintang, 8 Desa Persiapan di Tanbu akan Definitif November Nanti

DPMD

Jadi Narsum Dadakan, Plt Kadis PMD Tegaskan Kesiapan Jalankan Instruksi Bupati
DPMD

DPMD

Dinas PMD Tanbu Telah Lakukan Pembinaan di Kelurahan Kota Pagatan

You cannot copy content of this page