Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan DPRD Tanah Bumbu Sampaikan Dua Buah Raperda Inisiatif

Home / Tanah Bumbu

Rabu, 27 Oktober 2021 - 07:50 WIB

Disdagri Tanbu Sosialisasikan Pembayaran Pasar dengan Sistem Non Tunai

BATULICIN, RSB – Masa transisi pembayaran pasar dengan sistem non tunai sudah berlangsung, dimana dinas terkait mulai mensosialisasikan cara pembayarannya.

Dinas Perdagangan dan Perindusterian (Disdagri) Tanah Bumbu menjalin kerjasama dengan Bank Kalsesl untuk mewujudkan sistem pembayaran baru. Dalam hal ini peran dari Disdagri yaitu mensosialisasikan tata cara pembayarannya kepada pedagang dan penjual di pasar tradisional khususnya di daerah Tanah Bumbu.

Sistem pembayaran yang semula pedagang hanya dapat membayar dengan menunggu petugas datang terlebih dahulu, sekarang dapat dibayarkan dengan melalui transfer dari rumah atau langsung mendatangi kantor Bank Kalsel. Adanya perubahan sistem pembayaran dari tunai menjadi non tunai ini diterima baik oleh para pedagang.

Kepada Kru RSB pada Selasa (26/10/2021), Kepala Disdagri Tanah Bumbu melalui Kepala Seksi Pengelola Sarana Distribusi pada Bidang Sarana dan Prasarana Perdagangan, Samsudin Riadi mengatakan, bahwa dinasnya telah melakukan sosialisasi di dua titik lokasi pasar yaitu Pasar Minggu Simpang Empat yang dikenal dengan Pasar Pusat Niaga Bersujud dan Pasar Pagatan yang disebut juga Pasar Bumi Pangeran. Kemudian untuk sasaran sosialisasi selanjutnya yakni Pasar Sungai Danau Kecamatan Satui.

Dalam masa transisi ini, pihak Disdagri telah memberikan pelayanan pembayaran tunai kepada pedagang yang sudah lanjut usia. Pelayanan tersebut dapat dilakukan setelah pengecekan data, bila masih terdapat pedagang yang belum membayar akan didatangi dan dibantu untuk melakukan pembayaran secara tunai.

Dituturkan Samsudin, pembayaran pasar non tunai ini sangat mudah dilakukan, pedagang yang bersangkutan dapat diwakili oleh orang lain hanya dengan membawa syarat nomor khusus pedagang.

Kelebihan sistem pembayaran non tunai ini dinilai menguntungkan karena dapat memudahkan kegiatan kontrol Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Dengan adanya perubahan sistem pembayaran dari tunai menjadi non tunai.

Disdagri berharap, semoga kegiatan perdagangan semakin maju dan dapat meningkatkan PAD Kabupaten Tanah Bumbu serta kesejahteraan masyarakat. (Fit/Zuh/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Dispersip Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Program Transformasi Berbasis Inklusi Sosial

Tanah Bumbu

RSB Talk Show Bakisah Inspiratif Hadirkan Barista Gen Z

Tanah Bumbu

Simpang Empat Lakukan Penataan RT

Tanah Bumbu

Paman Birin Resmikan Batfest di Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Sungai Loban Gelar Rakor Sekaligus Evaluasi SDSM

Tanah Bumbu

Tekan Angka Stunting, Tanah Bumbu Gelar Rembuk Stunting Tahun 2023

Tanah Bumbu

Sekda Ambo Sakka, Hadiri Pembukaan Porprov Kalsel XI di Kandangan

Informasi

Bupati Zairullah Apresiasi Gerakan Gubernur Tinjau Vaksinasi Bergerak di Angsana

You cannot copy content of this page