Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Rabu, 30 Maret 2022 - 10:17 WIB

Disdukpencapil Ajak Masyarakat untuk Tertib Administrasi Kependudukan

Masyarakat yang telah tertib administrasi kependudukan akan aman karena secara administrasi sudah sah keberadaannya diakui oleh pemerintah daerah dan negara.

Masyarakat yang telah tertib administrasi kependudukan akan aman karena secara administrasi sudah sah keberadaannya diakui oleh pemerintah daerah dan negara.

BATULICIN, RSB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu mengajak masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan.

Kepala Disdukpencapil, Gento Hariyadi, melalui Kabid Pencatatan Sipil, Supartini melalui siaran program talkshow di Radio Swara Bersujud baru-baru tadi mengajak seluruh masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan.

Dia menyampaikan, bahwa orang yang telah tertib administrasi kependudukan akan aman karena secara administrasi sudah sah keberadaannya diakui oleh pemerintah daerah dan negara.

Baca juga Disdukpencapil Tanbu Gencar Lakukan Perekaman e-KTP Melalui Dilan Jomblo

Adapun maksud dari tertib administrasi kependudukan ini memiliki kartu kunci yaitu KK, KTP, Kartu Nikah, KIA dan Kartu Kematian.

Seluruh anggota keluarga yang berada dalamnya harus terdaftar dalam Kartu Keluarga (KK), dan bagi anggota keluarga yang sudah berumur 17 tahun ke atas diwajibkan untuk melakukan perekaman e-KTP untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan anak dibawah 17 tahun juga diwajibkan untuk memiliki KIA (Kartu Identitas Anak).

Disdukpencapil

Kabid Pencatatan Sipil, Supartini melalui siaran program talkshow di Radio Swara Bersujud baru-baru tadi mengajak seluruh masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan.

Kemudian bagi anggota keluarga yang menikah untuk membentuk keluarga baru juga harus diwajibkan untuk membuat KK baru dan memperbarui KK lama bahwa anak tersebut telah keluar daftar KK yang lama dengan status anak.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin melangsungkan pernikahan juga diwajibkan untuk membuat kartu nikah di Disdukpencapil Kabupaten Tanah Bumbu.

Jika ada keluarga masyarakat yang sudah tiada atau meninggalkan, juga harus mengurus kartu kematian.

Beberapa dokumen di atas apabila sudah dipenuhi oleh masyarakat maka masyarakat bisa dikatakan sudah tertib administrasi kependudukan.

Banyaknya pelayanan yang harus dilakukan oleh Disdukpencapil ini dalam satu hari minimal dapat melayani dokumen sebanyak 150 dokumen.

Namun, Disdukpencapil akan berupaya terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat agar seluruh masyarakat di Kabupaten Tanah Bumbu tertib akan administrasi kependudukannya. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Capaska

Disbudporpar

Putra Daerah Tanah Bumbu Berhasil Wakili Kalsel Lanjut Capaska Nasional

Tanah Bumbu

BLK Tanah Bumbu Kembali Gelar PBK Tahap III

Tanah Bumbu

SKPD Diminta Berpartisipasi Sukseskan Mappanre Ri Tasi’e

Tanah Bumbu

Selamat Jalan Sahabatku Ardiansyah, Kadiskominfo Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Ikuti Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 Secara Virtual

Tanah Bumbu

Besok, Jabatan Kepala LPP RRI Banjarmasin Berganti, Dari Redno ke Darno

Dinas Sosial

Dinsos Tanah Bumbu Gelar Sosialisasi Bantuan Sosial RS-RTLH

Tanah Bumbu

Kadis Perikanan Harapkan Hibah Kepada Nelayan Mampu Tingkatkan Kesejahteraannya

You cannot copy content of this page