Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / HUT Tanbu 19 / Religi

Senin, 11 April 2022 - 09:34 WIB

Perayaan HUT ke-19 Tanah Bumbu Sarat Makna Religi

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar memimpin langsung pembacaan shalawat dan dzikir seraya mengajak para tamu undangan memanjaatkan do’a untuk kebaikan, keberkahan dan kemajuan daerah.

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar memimpin langsung pembacaan shalawat dan dzikir seraya mengajak para tamu undangan memanjaatkan do’a untuk kebaikan, keberkahan dan kemajuan daerah.

BATULICIN, RSB – Memasuki usianya ke-19 tahun, Kabupaten Tanah Bumbu di bawah pimpinan Bupati Abah Zairullah Azhar dan Wabup Muhammad Rusli kian mantap menjalankan konsep Serambi Madinah yang kontras akan nuansa keagamaan.

Seiring perjalanan waktu yang terbilang panjang, Kabupaten Tanah Bumbu mengalami perubahan dan perkembangan secara signifikan dari aspek mentalitas, infrastruktur, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan. Pembangunan telah dilaksanakan selama kurun waktu sejak dilantiknya Bupati pertama yang juga diemban Abah Zairullah Azhar pada 2003 silam. 

Dalam kurun waktu itu, tentu sudah banyak yang dilakukan Bupati sebelumnya, hingga saat ini. Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu itu disemarakkan dengan shalawatan dan dzikir bersama secara lesehan di Halaman Kantor Bupati, Jumat (8/4/2022) sore kemarin.

Baca juga Gladi Resik HUT Tanah Bumbu ke-19, Putri Pilihan Istana Anak Yatim Tampilkan Tari Langkah Cahaya

Pelaksanaan momen istimewa bertemakan “Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah Mewujudkan Sumber Daya Manusia Produktif Cinta Qur’an dan Berakhlak Mulia” itu dihadiri Gubernur Kalsel diwakili Sekretaris Daerah, Roy Rizali Anwar, Wakil Ketua DPRD Provinsi, sejumlah perwakilan kabupaten/kota di Kalsel, Forkopimda Tanah Bumbu, pimpinan SKPD beserta jajaran pegawainya, serta tokoh agama dan masyarakat.

Seremonial perayaan tahun ini berbeda dibanding sebelumnya, karena bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1443 Hijriah, kegiatan pun dilaksanakan sarat akan makna religi mulai sholawat dan dzikir bersama hingga paparan hikmah ilmu agama dalam bingkai tausiyah oleh Ketua MUI Tanah Bumbu, KH. Suhuful Amri. 

Harjad

Perayaan Hari Jadi Tanah Bumbu ke-19 Tahun ini bertema “Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah Mewujudkan Sumber Daya Manusia Produktif Cinta Qur’an dan Berakhlak Mulia” .

Sebagai tanda permulaan, acara diawali pembacaan sejarah terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu oleh Wakil Ketua DPRD Tanah Bumbu, Said Ismail Kholil Alaydrus.

Bupati Tanah Bumbu, Abah HM. Zairullah Azhar memimpin langsung pembacaan shalawat dan dzikir seraya mengajak para tamu undangan memanjaatkan do’a untuk kebaikan, keberkahan dan kemajuan daerah.

Dalam sambutannya, Bupati Abah Zairullah menyampaikan, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki landasan pembangunan yang tercantum dalam motto daerah yakni Bersujud yang berarti Bersih, Syukur, Jujur dan Damai. 

Motto tersebut, menurutnya, merupakan filosofi landasan pembangunan Tanah Bumbu yang menjadi cita-cita daerah menuju Serambi Madinah.

Dijelaskan Bupati, Bersih akan menjadi daya tarik dan simbol kesucian, Syukur memiliki makna mensyukuri apa yang dikaruniakan Allah SWT untuk kemaslahatan umat, sehingga semakin tinggi jabatan semakin besar pengabdian kepada masyarakat.

Harjad

Bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1443 Hijriah, perayaan Hari Jadi Tanah Bumbu dilaksanakan sarat akan makna religi mulai sholawat dan dzikir bersama hingga paparan hikmah ilmu agama dalam bingkai tausiyah.

Selanjutnya, kandungan kata Jujur akan meningkatkan harkat dan martabat dan Damai berarti menciptakan rasa aman dan damai di tengah masyarakat.

Dengan landasan hidup itu, dikatakannya akan memberikan kecerdasan dan kekuatan ilahiyah baik kepada penyelenggara pemerintahan maupun masyarakat menuju Serambi Madinah.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutan yang dibacakan Sekda Provinsi, Roy Rizali Anwar, menyampaikan selamat kepada Kabupaten Tanah Bumbu yang telah berusia 19 tahun.

Ditekankan Gubernur, momentum HUT ke-19 hendaknya menjadi energi positif untuk mendorong kesejahteran dan partisipasi masyarakat untuk membangun daerah. Dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipatif, diyakini Tanah Bumbu akan menjadi daerah yang semakin maju dan berkembang.

Usai memberikan sambutan, Sekda Roy Rizali Anwar berkenan menyerahkan bantuan hibah pembangunan dari pemerintah provinsi kepada tiga masjid di Tanah Bumbu.

Adapun HUT ke-19 Tanah Bumbu diakhiri dengan pelaksanaan buka puasa bersama dan shalat maghrib berjamah dilanjutkan dengan shalat tarawih di Halaman Kantor Bupati. (Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Bupati Tanah Bumbu

Bupati Zairullah  Buka Puasa Sunnah Bersama ASN

Pendidikan

Wakili Kelas TK Yayasan Pendidikan Islam Al-Fath, 3 Anak Bacakan Hafal Ayat Suci Al Qur’an

Religi

Sampaikan Tausiah Pada Kegiatan Rutin Keagamaan, Ustadz Abdurrahman Ungkap Keutamaan Mengucapkan La ilaha Illallah

Informasi

Ustadz Hidayat Sebut Wisuda Santri Sebagai Wujud Dorongan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah
Tablikh Akbar

Budaya

Tabligh Akbar di Lokasi Mappanre Ri Tasi E Diisi Ustadz Amri Dari Makassar

Religi

Kecamatan Kusan Hilir Pimpin Upacara Renungan Suci Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-76
Safari Ramadhan

Ramadhan2022

Pemkab Tanah Bumbu Akan Berikan Bantuan Rp 750 Juta Untuk Pembangunan Masjid An-Nur Desa Tanete

Religi

Ustadz Abdurrahman Sampaikan Keutamaan Membaca Sholawat

You cannot copy content of this page