Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Arsip / Dispersip / Perikanan / Tanah Bumbu

Kamis, 14 April 2022 - 09:46 WIB

Dispersip Tanbu Lakukan Audit Kearsipan Internal Tahun 2022

Kegiatan audit kearsipan internal tahun 2022 dengan objek pengawasan sebanyak 26 SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu dengan jumlah 80 unit pengolah oleh Dispersip Tanah Bumbu.

Kegiatan audit kearsipan internal tahun 2022 dengan objek pengawasan sebanyak 26 SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu dengan jumlah 80 unit pengolah oleh Dispersip Tanah Bumbu.

BATULICIN, RSB – Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu telah melaksanakan kegiatan audit kearsipan internal tahun 2022 dengan objek pengawasan sebanyak 26 SKPD lingkup Pemkab Tanah Bumbu dengan jumlah 80 unit pengolah. 

Adapun jadwal pelaksanaan audit terhitung dari tanggal 4 April sampai 9 Juni 2022. 

Audit Kearsipan Internal adalah audit kearsipan yang dilaksanakan oleh Tim Pengawas Kearsipan Internal atas pengelolaan arsip dinamis di lingkungan pencipta arsip.

Baca juga Dispersip Tanbu Gelar Rekon Arsip Aktif SKPD Triwulan Pertama

Secara teknis audit kearsipan internal ini dilakukan oleh tim audit dari LKD Kabupaten Tanah Bumbu, Inspektorat dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Bumbu Yulia Rahmadani, mengatakan bahwa sudah terlaksana audit kearsipan pada 8 objek pengawasan di antaranya Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian, Disdukpencapil,  Disnakertrans, Dinas Perikanan dan DPMPTSP. 

Dispersip

Pengawasan Kearsipan Internal menilai beberapa aspek, di antaranya pengelolaan arsip dinamis, terdiri dari aspek penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip.

Adapun aspek yang dinilai dalam Pengawasan Kearsipan Internal, di antaranya pengelolaan arsip dinamis, terdiri dari aspek penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip.

Selanjutnya Sumber Daya Kearsipan, terdiri dari aspek SDM Kearsipan serta Prasarana dan Sarana Kearsipan.

Dispersip

Adanya audit dan pengawasan arsip ini berharap terciptanya budaya tertib arsip yang berkesinambungan dan mendorong pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundangan yang berlaku.

Dengan adanya audit dan pengawasan kearsipan, diharapkannya dapat terwujud pengelolaan kearsipan yang lebih baik. Terciptanya budaya tertib arsip yang berkesinambungan dan mendorong pencipta arsip dan lembaga kearsipan untuk menyelenggarakan kearsipan sesuai dengan prinsip, kaidah, standar kearsipan, dan peraturan perundangan yang berlaku.

Dengan demikian dapat terwujud akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dan menjaga memori kolektif bangsa.(Bas/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Said Hadid Alaydrus Gantikan Almarhum H. Upi dari Fraksi PDI-P.

Tanah Bumbu

Tekan Angka Pelanggaran dan Kecelakaan Lalin Melalui Operasi Kepolisian Keselamatan Intan 2023

Tanah Bumbu

Maknai Hari Kartini, RSB Live Talkshow Bersama SMKS Tunas Bangsa

Tanah Bumbu

Pelepasan dan Keberangkatan Calon Jamaah Haji Tanah Bumbu Sebanyak 183 Jamaah

Sekda

Sekda Tanbu Serahkan Bantuan kepada KUB Nelayan dan Hadiah Bagi Pelajar

Tanah Bumbu

Tekan Angka Stunting, Pemkab Tanah Bumbu Review Pertemuan e-PPGBM dengan Para Bidan

Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu Tanyakan Perkembangan RSB

Tanah Bumbu

Ustadz Hiyatullah Ali Pimpin Sholat Dhuha Sekaligus Berikan Tausiyah

You cannot copy content of this page