Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / Dinas PolPP dan Damkar

Senin, 6 Juni 2022 - 10:43 WIB

Satpol PP dan Damkar Tanbu Kirimkan Perwakilan Menjadi Anggota Komcad Matra Darat

Berdasarkan UU No 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Satpol PP dan Damkar mengirimkan tiga perwakilan menjadi anggota Komponen Cadangan Matra Darat.

Berdasarkan UU No 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Satpol PP dan Damkar mengirimkan tiga perwakilan menjadi anggota Komponen Cadangan Matra Darat.

BATULICIN, RSB – Sebagai upaya mendukung pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Satpol PP dan Damkar mengirimkan tiga perwakilan menjadi anggota Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat.

Pelaksanaan pemilihan calon anggota Komcad ini berdasarkan UU No 23 Tahun 2019 tentang pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara.

Adapun syarat untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Komcad yakni pria, setia kepada NKRI, Pancasila dan UUD 1945, usia 18-35, pendidikan minimal SMP sederajat, sehat jasmani, SKCK, dan mengikuti seleksi (Min, kes, jas, Litpers, dan PSI).

Baca juga Si Jago Merah Mengganas di Muara Pagatan, Tim Damkar Tanbu Sigap Mengatasi

Saat dikonfirmasi Kru RSB, Kepala Satuan Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu, Anwar Salujang melalui Sekretaris Dinas, Muhammad Arif Rahman Hakim, Jumat (3/5/2022) mengatakan, tiga orang tersebut adalah personil pilihan yang telah lolos di tahapan sebelumnya.

Awalnya, dari dinas mengirimkan lima calon anggota untuk mengikuti seleksi mulai pada tahap pendaftaran daring, seleksi administrasi, seleksi kompetensi, dan pada tahap akhir seleksi gugur dua orang.

Kemudian tiga orang terpilih tersebut yakni, Hendri Kurniawan, Amirullah, dan Muhammad Tajrani akan mengikuti pelatihan dasar kemiliteran (Latsarmil) selama tiga bulan.

Latsarmil tersebut terhitung setelah dilakukannya upacara pembukaan Pelatihan Dasar Kemiliteran Komponen Cadangan 2022 pada Senin (30/5/2022) di Lapangan Kejujuran Rindam VI/Mlw Landasan Ulin, Banjarbaru.

Baca juga Masuki Musim Kemarau, Satpol PP dan Damkar Tanbu Akan Kembali Bentuk Balakar

Setelah mengikuti Latsarmil yang nantinya akan selesai pada 27 Agustus 2022, akan dilakukan pengangkatan dan penyumpahan kepada anggota komponen cadangan.

Di samping itu, anggota Komcad yang telah diangkat dan disumpah diwajibkan untuk siap membantu TNI Angkatan Darat apabila diperlukan dalam situasi bencana alam dan perang.

Selain itu, juga diharapkan dapat berperilaku baik dan menjaga kehormatan diri ketika di muka umum.

Lebih lanjut Arif menambahkan, kegiatan tersebut sangat bagus khususnya untuk anggota Satpol PP dan Damkar karena dapat melatih anggota terkait dengan bela negara dan cinta tanah air. 

Ia berharap, jika ada lagi kegiatan yang sama di tahun depan, seluruh anggota Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu yang memenuhi syarat agar dapat mengikutinya. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

PolDam

Dinas PolPP dan Damkar

Wujudkan Suasana Damai Bulan Ramadhan, Satpol PP dan Damkar Akan Terus Lakukan Penertiban
Damkar

Budaya

Tim Damkar Tanbu Sediakan Air Wudhu Saat Pembukaan Event Budaya Pesona Mappanre Ri Tasi
Damkar

Dinas PolPP dan Damkar

Masuki Musim Kemarau, Satpol PP dan Damkar Tanbu Akan Kembali Bentuk Balakar
SatpolPP

Dinas PolPP dan Damkar

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu Tegakkan Perda Penyelenggaraan Tempat Hiburan di Desa Sarigadung

Dinas PolPP dan Damkar

Sekda Ambo Sakka, Sebut Ini Tiga SKPD Terbaik di Tanah BumbuĀ 
satpol pp

Dinas PolPP dan Damkar

Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu Berikan Pelatihan Linmas Tingkat Kecamatan
Bupati

Dinas PolPP dan Damkar

Bupati Abah Zairullah Didampingi Sekda dan Kasatpol PP dan Damkar Lakukan Pemusnahan Miras
Vaksin

Covid-19

Dukung Percepatan Vaksinasi Lansia, Kemendagri Janji Berikan Hadiah Bagi Pemerintah Daerah

You cannot copy content of this page