Pastikan PIN Polio Terlaksana Menyeluruh, Camat Kusan Hulu Giat Lakukan Pendampingan Vaksinasi Dispersip Tanah Bumbu Kenalkan Layanan Digipust Pemkab Tanah Bumbu Gelar Forkorida 2024 – 2029 Bakesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Gebyar Anti Narkoba dan Deklarasi Umum Anti Narkoba Pemkab Tanah Bumbu Gelar Persiapan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia

Home / Disdukpencapil / Kependudukan / Tanah Bumbu

Senin, 7 Maret 2022 - 09:53 WIB

Syarat Pembuatan Dokumen Akta Perkawinan

Dokumen Akta Perkawinan merupakan dokumen yang dibutuhkan untuk melindungi hak dan kewajiban suami istri, juga melindungi anak-anak yang dilahirkan dari perkawinan tersebut

Dokumen Akta Perkawinan merupakan dokumen yang dibutuhkan untuk melindungi hak dan kewajiban suami istri, juga melindungi anak-anak yang dilahirkan dari perkawinan tersebut

BATULICIN, RSB – Dokumen Akta Perkawinan merupakan dokumen yang dibutuhkan untuk melindungi hak dan kewajiban suami istri, juga melindungi anak-anak yang dilahirkan dari perkawinan tersebut. Sehingga, hak atas pemenuhan kebutuhan dasar anak akan terlindungi oleh Undang-Undang.

Oleh karenanya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu menyampaikan persyaratan dalam pembuatan Dokumen Akta Perkawinan.

Baca juga Disdukpencapil Beri KIA Bagi Anak yang Berani Vaksin

Plt. Kepala Disdukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi kepada Kru RSB baru-baru tadi menyebutkan, persyaratan utama yang perlu dilengkapi yakni mengisi formulir yang disediakan dinasnya.

Adapun dokumen pelengkap persyaratan diantaranya Surat Keterangan Perkawinan dari Pemuka Agama atau Penghayat Kepercayaan bahkan Salinan Penetapan Pengadilan serta Fotocopy Akta Kelahiran kedua mempelai.

Selain itu juga, dibutuhkan Surat Keterangan dari desa atau kelurahan N1 dan N5, dilengkapi pas foto berwarna suami istri, fotocopy KTP kedua mempelai dan Kartu Keluarga yang asli dari kedua mempelai.

Kemudian, sebagai penguat dokumen lainnya maka juga disertakan fotocopy KTP dua orang saksi dan fotocopy Akta Perceraian atau Kematian jika yang bersangkutan pernah menikah atau meninggal.

Baca juga Standarkan Manajemen Mutu Pelayanan Publik, Disdukpencapil Tanbu Terima Sertifikat ISO 9001

Berikutnya, untuk mempermudah dalam mengakses informasi selanjutnya, yang bersangkutan diminta untuk meninggalkan alamat email dan Nomor HP atau WA pada formulir yang diisi. 

Dengan menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait persyaratan pembuatan dokumen Akta Perkawinan, Gento berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuat dokumen tersebut terlebih akan pentingnya dokumen dimaksud. (Dsy/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Direktur PT Air Minum Bersujud Terima Kunjungan Sekretaris Kopkar Pedami PAM Banjarmasin

Tanah Bumbu

Jelang Rapimnas, Presiden Anak Yatim Abah Zairullah Gelar Zoom Meeting dengan Pengurus LKSA

Tanah Bumbu

Lomba Inovasi Daerah, Tanah Bumbu Usung Program 1 Desa 1 Masjid

Tanah Bumbu

Warga Desa Emil Baru Antusias Ikuti Pelatihan Budidaya Cabai
Pelantikan

Informasi

Tekankan Pelayanan Terbaik, Bupati Abah Zairullah Lantik 60 Pejabat

Sekda

Sekda Ambo Sakka Pimpin Rakor Satu Desa Satu Masjid

Tanah Bumbu

Zairullah Azhar Sebut Peran BPD Sama dengan Anggota DPR

Tanah Bumbu

Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Gelar Rapat Persiapan Pelatihan Calon Paskibraka 2024

You cannot copy content of this page