Bupati Diwakili Asisten I Buka Acara Forum Konsultasi Publik DLH Tanah Bumbu Ajak Gunakan Kantong Belanja Ramah Lingkungan Kemenag Tanah Bumbu Gandeng Sucofindo Sosialisasikan Sertifikasi Halal bagi UMKM Disnakertrans Tanah Bumbu Kembali Laksanakan Pelatihan Barbershop Serdik Sespimmen ke-64 Laksanakan KKP di Polres Tanah Bumbu

Home / DP3 / Tanah Bumbu

Rabu, 25 Mei 2022 - 10:24 WIB

Tahun ini Disperkimtan Tanbu Kembali Ajukan BSPS Anggaran 2023

"Tahun ini BSPS tidak turun. Sebab pada tahun 2021 lalu kejadian bencana alam lebih sering terjadi, sehingga bantuan lebih berfokus pada perbaikan perumahan yang terdampak bencana." - Kepala Disperkimtan Tanah Bumbu, H Ansyari Firdaus. ( Foto YouTube @Poliwali Mandar TV )

BATULICIN, RSB – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Tanah Bumbu kembali ajukan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun anggaran 2023 bagi masyarakat, BSPS adalah program dari kementerian dengan sasaran bukan untuk masyarakat miskin, tapi untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah, di mana hal ini dapat dikatakan sebagai rangsangan.

Dengan adanya program tersebut juga diharapkan masyarakat tetap berswadaya menambahkan, artinya pemerintah di sini hanya sebagai penambah kekurangan masyarakat yang ingin merehab rumah.

Kepala Disperkimtan Tanah Bumbu, H Ansyari Firdaus melalui Pejabat Fungsional Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda, Heryansyah kepada Kru RSB pada Selasa (24/5/2022) mengatakan, tahun 2022 ini Disperkimtan Tanah bumbu akan mengusulkan kembali BSPS untuk anggaran 2023. 

Baca juga Tahun 2022, Disperkimtan Tanbu Fokus ke Program Perumahan dan Permukiman

Kemudian, ia juga mengonfirmasi bahwa pada tahun ini BSPS tidak turun. Sebab pada tahun 2021 lalu kejadian bencana alam lebih sering terjadi, sehingga bantuan lebih berfokus pada perbaikan perumahan yang terdampak bencana.

Di samping itu, tahun 2018 dan 2019 lalu Kabupaten Tanah Bumbu pernah mendapatkan BSPS dengan jumlah lebih dari 1000 unit.

Adapun bantuan yang diberikan yakni berupa peningkatan kualitas rumah dan pemberian bangunan baru.

Dalam hal peningkatan kualitas rumah, yang akan dilakukan pembenahan yakni pada rumah bagian atap, lantai dan dinding atau biasa disebut dengan istilah aladin.

Jumlah nilai yg diperoleh untuk program peningkatan kualitas rumah pada tahun 2018 dulu sebanyak 17 juta 500 ribu dengan rincian material 15 juta dan upah tukangnya 2,5 juta.

Daerah khusus di dalam kawasan kumuh yang tertangani sekitar 1000 unit antar lain Desa Bersujud, Tungkaran Pangeran, Pelabuhan Speed, Kampung Baru, Batulicin, Kusan Hilir, Mundalang, Manurung, dan Satui.

Adapun syarat untuk bisa mendapatkan BSPS tersebut yakni masyarakat yang berpenghasilan rendah, memiliki segel atau legalitas lahan dan bangunan, sudah berkeluarga, dan titik koordinat bangunan harus jelas.

Hal ini juga diperjelas dengan hasil pendataan berdasarkan data penyusunan Rencana Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh Perkotaan (RP2KPKP), masih ada sekitar 2500-3000 masyarakat Tanah Bumbu yang berpenghasilan rendah.

Melalui program BSPS, ia berharap ke depan akan mampu meningkatkan kualitas rumah menjadi layak huni di Bumi Bersujud sekaligus membuka lapangan pekerjaan melalui Program Padat Karya Tunai (PKT) untuk masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan program pro rakyat tersebut. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Peringati HUT SMAN 1 Kusan Hilir, Disdukpencapil Gelar Dilan Amanah

Tanah Bumbu

Pemkab Tanah Bumbu Berikan Pembinaan Bagi Pengelola BKB HI

Tanah Bumbu

Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Digelar Mei 2023.

Tanah Bumbu

Di Hadapan Bupati, Camat Karang Bintang Paparkan Sektor Pembangunan Prioritas Wilayahnya

Tanah Bumbu

Jhonlin Umrohkan 870 Warga Tanah Bumbu

Tanah Bumbu

Buka Lapangan Kerja Lokal, Disnakertrans Tanah Bumbu Gandeng PT Cipta Kridatama Site BIB

Tanah Bumbu

Satpol PP Gerebek Tempat Usaha Diduga Menjual Minuman Beralkohol di Karang Bintang

Dinas PolPP dan Damkar

Satpol PP dan Damkar Tanbu Siap Siaga Terima Laporan Masyarakat

You cannot copy content of this page