Camat Kusan Hulu Apresiasi Desa Binaan PT Cipta Kridatama Berhasil Kembangkan Klaster Pertanian Berbasis Inovasi Biotron Bupati Sampaikan Pendapat Terhadap Raperda Inisiatif DPRD dalam Rapat Paripurna RSUD Rumah Sehat Amanah Husada Sosialisasikan Program SRI RAJA RSUD dr. H. Andi Abdurrahman Noor Sosialisasikan Program SRI RAJA Bupati Abah Zairullah Buka Sosialisasi Batas Daerah dan Kecamatan

Home / Dispersip / Tanah Bumbu

Kamis, 24 Februari 2022 - 10:09 WIB

Dispersip Tanbu Jadi Pelopor Pertama Pengguna Aplikasi Srikandi se-Kalsel

SIMPANG EMPAT, RSB- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menjelaskan tentang pentingnya kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang dilaksanakan Rabu (23/2/2022) kemarin di Gedung Mahligai Bersujud Kecamatan Simpang Empat.

Srikandi ini merupakan aplikasi yang akan menerapkan sistem pengelolaan arsip secara digital sehingga ke depannya tidak ada lagi arsip yang berbentuk kertas.

Baca juga Dispersip Tanbu Gelar Bimtek Srikandi

Jadi, penyimpanan arsip yang ada di lingkup Pemkab Tanah Bumbu nanti akan disimpan oleh sistem dalam bentuk file.

Adapun jenis arsip yang disimpan pada aplikasi Srikandi ini hanyalah arsip statis atau arsip yang bersifat permanen dan akan disimpan seumur hidup.

Maka dari itu, dengan ada aplikasi Srikandi ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi penggunanya karena dapat mempermudah dalam hal mencari arsip statis jika akan diperlukan kembali.

Plt. Kepala Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu, Muhammad Yusri kepada Kru RSB mengatakan, bahwa Dispersip Tanah Bumbu menjadi salah satu pelopor pengguna Aplikasi Srikandi se-Kalimantan Selatan.

Secara pusat pemberlakuan sistem digitalisasi arsip dengan menggunakan Aplikasi Srikandi ini akan diberlakukan pada tahun 2023, namun sesuai dengan arahan Bupati Abah HM. Zairullah Azhar di Kabupaten Tanah Bumbu akan dilaksanakan pada 2022.

Aplikasi Srikandi ini tentunya akan diberlakukan bagi seluruh SKPD di Kabupaten Tanah Bumbu, sehingga tidak lagi terjadi penumpukan arsip berupa lembaran kertas.

Lebih lanjut Yusri menjelaskan, tujuan lain dari Aplikasi Srikandi adalah untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan sebuah data dan untuk pengamanan arsip sudah dipastikan aman karena posisi arsip akan langsung masuk di sistem yang server-nya dipegang secara langsung oleh Arsip Nasional.

Baca juga Berlanjut, Dispersip Tanbu Gelar Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kedua

Sejauh ini diungkapkan Yusri, persiapan yang dilakukan oleh Dispersip Tanah Bumbu sudah berada di angka sekitar 90 persen, dalam artian sudah siap untuk diberlakukan di lingkup pemerintah daerah.

Untuk memantapkan penerapan aplikasi itu, sehingga pada 23 dan 24 Februari 2022 diberikan Bimtek Aplikasi Srikandi dengan diikuti oleh tiga orang Pengelola Arsip dan Kasubag Umum Teknis, jadi masing-masing SKPD diwakili oleh empat orang.

Diakhir kesempatan Yusri berharap, dengan mulai diberlakukannya Aplikasi Srikandi melalui Bimtek yang diselenggarakan oleh dinasnya itu dapat mempermudah dan mempercepat proses pengarsipan di lingkup Pemkab Tanah Bumbu. (Fdr/Zhd/RSB)

Share :

Baca Juga

Tanah Bumbu

Bupati Sampaikan Jawaban Atas Pemandangan Umum Fraksi Terhadap Dua Buah Raperda

Tanah Bumbu

PKPAI 2023 Tahap 4 Dipersiapkan Menjadi Penyiar Yang Moderat

Tanah Bumbu

Bupati Zairullah Berikan Tiga Satyalancana Karya Satya

PUPR

Dinas PUPR Tanbu Jelaskan Progres Pembangunan Bendungan Kusan

Tanah Bumbu

Abah Zairullah Hadiri Tabliq Akbar di Pantai Jhonlin

Tanah Bumbu

Pilkades Tinggal Menghitung Hari, 300 Petugas KPPS Kecamatan Satui Dibekali Sosialisasi

Tanah Bumbu

Kadis Kominfo SP Tanah Bumbu : Wartawan Mitra Kerja Pemerintah

Sekda

Hadiri HUT IBI, Sekda Sebut Profesi Bidan Sangat Mulia

You cannot copy content of this page